Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menerima kunjungan dari Universitas Nasional Karangturi Semarang (UNKARTUR) dalam rangka studi banding dan penjajakan kerja sama pada Rabu (10/07/2024) di Ruang Rapat Universitas Kampus 2 Gedung Thomas Aquinas. Acara ini dihadiri oleh jajaran Rektorat UAJY beserta Dekan dan Kepala Unit di UAJY.

Rektor UAJY, Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M, menyambut baik usulan kerja sama yang diajukan oleh UNKARTUR. Nurhartanto menyatakan bahwa peluang untuk bekerja sama sangat besar. “Hal-hal yang disampaikan oleh bu Rektor, peluangnya besar untuk dilakukan kerja sama antara Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Nasional Karangturi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Nasional Karangturi Semarang, Dra. Lusiawati Dewi, M.Sc, menjelaskan maksud kunjungannya. Lusiawati menyampaikan beberapa hal yang dapat dikolaborasikan dengan UAJY, salah satunya adalah program dosen tamu dari beberapa prodi di UAJY ke UNKARTUR dengan harapan penjaminan mutu yang dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, Lusiawati juga berharap ada program fast track S2 yang menjadi program kolaborasi lain antara UAJY dan Universitas Nasional Karangturi Semarang. “Saya berpikir kita bisa menjalin kolaborasi dalam bentuk fast track. Jadi misal, kami yang ada di S1 bisa dikolaborasikan kurikulumnya untuk melanjutkan ke S2 yang ada di sini (UAJY),” jelas Lusiawati.

Kepala Kantor Kerja Sama dan Promosi (KKP) UAJY, Drs. Ign. Agus Putranto, M.Si, menanggapi program-program yang diajukan tersebut. Agus juga menyampaikan sarannya agar UNKARTUR dapat menjadikan internasionalisasi sebagai salah satu terobosan untuk berkompetisi di dunia pendidikan. “Kami di UAJY punya 5 international class program, semua totally talk in English dan beberapa itu double degree dengan university partners,” ungkap Agus.

Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan dokumen memorandum of understanding (MoU) kerja sama sebagai tanda terjalinnya kerja sama antara UAJY dan UNKARTUR. Keduanya berharap agar pertemuan ini dapat menjadi awal yang baik dalam menjalin kerja sama.

Info via : https://lldikti5.kemdikbud.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Menggabungkan Akademik dan Vokasi: Revolusi Pemilihan Program Studi pada SNPMB 2024

Menggabungkan Akademik dan Vokasi Revolusi Pemilihan Program Studi pada SNPMB 2024
December 11, 2023 0 Comments 12 tags

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) telah secara resmi diumumkan. Sistem seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri pada tahun 2024 didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Perguruan Tinggi dan Penentuan Tugas Akhir: Otonomi Lebih dalam Pendidikan, Berikut Penejlasan Rektor UGM

Foto gedung kampus UGM
September 5, 2023 0 Comments 3 tags

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Jakarta telah mengeluarkan Permendikbudristek No 35 Tahun 2023 yang mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi terbaru. Salah satu aspek yang menarik perhatian dalam peraturan

Pembekalan KKN Universitas Mulia Angkatan ke-3 Tahun 2024: Membangun Visi Technopreneurship

Pembekalan KKN Universitas Mulia Angkatan ke-3 Tahun 2024 Membangun Visi Technopreneurship
July 2, 2024 0 Comments 6 tags

Pada hari Kamis, 27 Juni 2024, Panitia Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-3 Tahun 2024 Universitas Mulia menggelar pembekalan bagi 342 mahasiswa di Ballroom Cheng Ho. Acara ini dipimpin