SEMARANG – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) memberikan pembekalan intensif kepada 94 mahasiswa lintas fakultas yang akan terjun dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selama dua hari, mahasiswa tidak hanya mempelajari pemberdayaan masyarakat tetapi juga menerima materi bela negara dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kami membekali mahasiswa peserta KKN secara matang dan maksimal. Diharapkan mereka bisa berpartisipasi dalam pembangunan,” kata Rektor UPGRIS, Sri Suciati, setelah memberikan arahan kepada mahasiswa di kampus tersebut pada Kamis (1/8).

Sri Suciati menekankan pentingnya Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023, yang mengharuskan perguruan tinggi terus beradaptasi. “Peraturan menteri tentang penjaminan mutu ini mengatur berbagai hal termasuk pemantauan dan evaluasi mutu pendidikan,” ujarnya.

Ketua KKN, Arisul Ulumuddin, menjelaskan bahwa program KKN akan melatih mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan seni. “Pelaksanaan KKN dilangsungkan selama 2-3 bulan, mahasiswa ditempatkan di Kabupaten Pati dan Kabupaten Semarang. Sebelumnya, mereka mengikuti pembekalan selama dua hari,” katanya.

Pembekalan KKN Tematik MBKM di UPGRIS Sinergi Mahasiswa dan TNI untuk Pemberdayaan Masyarakat
Pembekalan KKN Tematik MBKM di UPGRIS Sinergi Mahasiswa dan TNI untuk Pemberdayaan Masyarakat

Pembekalan ini meliputi berbagai materi dan pengetahuan, termasuk literasi digital dalam pemberdayaan, peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat, filosofi KKN, teknik dan etika pelaksanaan KKN. Mahasiswa juga dilatih dalam membangun kerja sama kelompok, bidang kesehatan dan lingkungan, bidang ekonomi dan kewirausahaan, bidang pendidikan serta mitigasi bencana. Kerjasama dengan TNI menekankan kedisiplinan dan memberikan materi tentang bela negara.

Baca Juga : Pendaftaran Jalur Mandiri di Politeknik Negeri Ujung Pandang

“Kami bermaksud membekali mahasiswa dalam melaksanakan pendekatan masyarakat dan membentuk sikap serta perilaku yang peka terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat,” tambah Sri Suciati.

KKN Tematik MBKM tahun ini diikuti oleh 94 mahasiswa dari 11 program studi, termasuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Teknik Sipil, Informatika, dan Teknologi Pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Bazar Pasar Murah bersama Badan Pangan Nasional (BAPANAS)

BAPAN, ID Food, Rektor, Yayasan membuka Pasar pangan Murah dan Senam Sehat di UMBY 2023
October 21, 2023 0 Comments 19 tags

Acara ini merupakan bagian dari perayaan Dies Natalis UMBY ke-37 dan Hari Pangan Sedunia. Selain itu, Fakultas Agroindustri juga menyelenggarakan Agroindustry Festival yang meliputi Kuliah Umum tentang Ketahanan Pangan oleh

Mahasiswa UGM Berikan Kontribusi Melalui KKN di Kota Madiun

Mahasiswa UGM Berikan Kontribusi Melalui KKN di Kota Madiun
July 3, 2024 0 Comments 4 tags

Pada hari Minggu, 30 Juni 2024, sebanyak 26 mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tiba di Kota Madiun untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bagian dari Tri Dharma

Pemeriksaan Mata Gratis bagi Warga Nagari Indudur oleh Mahasiswa KKN UNAND dalam Rangka Dies Natalis ke-68

Pemeriksaan Mata Gratis bagi Warga Nagari Indudur oleh Mahasiswa KKN UNAND dalam Rangka Dies Natalis ke-68
August 14, 2024 0 Comments 11 tags

Mahasiswa KKN Universitas Andalas (UNAND) yang bertugas di Nagari Indudur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, menggelar pemeriksaan mata gratis untuk masyarakat pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Kegiatan ini