Lima Universitas ternama membuka jalur rapor dan prestasi tahun 2023, dan berikut adalah syarat dan cara mendaftarnya. Selain jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), sejumlah perguruan tinggi membuka jalur rapor dan prestasi. Pada Kamis (30/3/2023), berbagai sumber melaporkan bahwa ada 5 perguruan tinggi yang membuka jalur tersebut di tahun 2023.

1. UGM

Pertama, Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur rapor dengan nama Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi 2023. Jalur ini khusus untuk siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK, yang sesuai dengan program studi yang dipilih. Syaratnya adalah usia maksimal 25 tahun, memiliki prestasi akademik baik dan konsisten, surat keterangan lulus dan ijazah SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 1 (satu) tahun terakhir. Biaya pendaftaran sebesar Rp275.000, dan hasil pengumuman akan diumumkan pada 15 Mei 2023.

2. Universitas Padjadjaran

Kedua, Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan Seleksi Masuk Program Sarjana S1 Jalur Prestasi. Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi di bidang Sains, Olahraga, dan Seni, dengan syarat hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dan kriteria kelulusan berdasarkan dari nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional/internasional juga nilai akademik sesuai kuota yang ada. Pendaftaran awal dipungut biaya sebesar Rp250.000, dan pendaftaran akan dibuka mulai Maret hingga 1 Juni 2023.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Ketiga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga membuka jalur rapor tanpa tes. Seleksi ini menggunakan nilai rapor, yang juga didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik. Peserta dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dan dibuka untuk semua program studi sarjana, tetapi hanya menerima siswa dari jurusan eksakta (IPA). Namun, program studi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan menerima siswa dari jurusan non-eksakta (IPS). Biaya pendaftaran untuk jalur rapor ini adalah sebesar Rp250.000 dan pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 8-31 Mei 2023. Pengumuman hasil akan diumumkan pada tanggal 22 Juni 2023.

4. Universitas Islam Sultan Agung

Keempat, Universitas Islam Sultan Agung membuka program seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi, khususnya bagi pelajar SMA/MA kelas XII. Persyaratan untuk mengikuti seleksi ini adalah memiliki nilai rata-rata rapor ilmu pengetahuan (Fisika, Kimia, Biologi) semester 4 dengan nilai untuk Fakultas Kedokteran (S1) Prodi Kedokteran Umum minimal 80 dan Fakultas Kedokteran Gigi (S1) minimal 75, serta didukung dengan prestasi di tingkat nasional atau internasional di bidang akademik, olahraga, dan seni.

5. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh Yayasan Pertamina. Menurut informasi yang diberikan oleh laman PMB Universitas Pertamina, kampus ini membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur rapor atau seleksi nilai rapor, atau calon mahasiswa juga bisa mendaftar dan belajar di Universitas Pertamina tanpa harus mengikuti tes tertulis.

Periode pendaftaran Seleksi Nilai Rapor dimulai pada tanggal 1 Maret dan ditutup pada tanggal 31 Maret 2023. Untuk mendaftar, calon mahasiswa dapat mengakses laman pmb.universitaspertamina.ac.id dan memasukkan nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5 secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *