Sebanyak 725 mahasiswa baru (maba) dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos akan berlanjut ke tahap registrasi pada tanggal 30 Maret 2023. “Proses SNBP berjalan dengan baik dan 725 mahasiswa baru berhasil lolos masuk ke Untidar,” kata Rektor Untidar Prof Sugiyarto dalam keterangan tertulis, pada Selasa (28/3/2023).

Sugiyarto mengatakan bahwa jumlah peminat pada tahun 2023 mencapai 5.639. Hanya sekitar 12 persen dari total peminat yang akhirnya bisa lolos masuk Untidar. Ada 725 MABA lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Universitas Tidar (Untidar) Magelang. “Dari 725 mahasiswa jalur SNBP, 378 di antaranya merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah,” tuturnya.

Baca juga : Peringkat Universitas versi Webometrics Indonesia 2023 – Edisi Awal tahun

“Para pemegang KIP Kuliah nantinya akan diseleksi kembali karena kuota terbatas,” tambahnya. Program studi dengan peminat terbanyak adalah S1 Manajemen dengan jumlah 912 peminat, disusul oleh S1 Ilmu Komunikasi dengan 658 peminat dan Akuntansi dengan 612 peminat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof Suyitno, mengimbau calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lolos SNBP segera mengunjungi laman https://untidar.ac.id atau https://um.untidar.ac.id untuk mengetahui informasi terkait registrasi mahasiswa.

“Registrasi SNBP dilaksanakan secara online dimulai pada tanggal 30 Maret 2023. Silakan kunjungi laman resmi Untidar untuk mendapatkan detail alur dan berkas apa saja yang harus dipersiapkan,” ujarnya.

Proses registrasi SNBP terdiri dari beberapa tahapan seperti mengisi borang sosial ekonomi, melihat besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), pembayaran UKT, pembayaran asuransi, dan diakhiri dengan mencetak bukti sementara Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

“Harapannya para mahasiswa yang sudah terseleksi dapat bersyukur dan melakukan registrasi dengan teliti. Beberapa mahasiswa terkadang melewatkan hal-hal penting yang nantinya berpotensi menghambat proses registrasi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *