DPKKA UNAIR : Webinar Unlocking Your Future Potential with Learning Agility

DPKKA UNAIR Webinar Unlocking Your Future Potential with Learning Agility
November 20, 2023 0 Comments

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menyelenggarakan webinar melalui Zoom pada Rabu (15/11/2023). Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Airlangga Career and Internship Club (ACIC) dan SeaBank.

Dalam acara yang berjudul “Unlocking Your Future Potential with Learning Agility,” Tantri Sulma Mardiah, selaku Learning and Development SeaBank, membagikan wawasannya. Kegiatan ini dianggap sebagai langkah positif dalam mendukung pertumbuhan profesional di tengah lingkungan bisnis yang dinamis.

Masa Transisi Kunci Menurut Tantri, terdapat masa transisi dari dunia kuliah ke kehidupan korporat, terutama dalam konteks Volatility, Uncertainty Complexity, and Ambiguity (VUCA). VUCA adalah konsep yang mencakup tantangan-tantangan kompleks di dunia bisnis.

“Dalam lingkungan yang volatil, kita harus merespons perubahan yang tidak terduga dan di luar kendali. Pada situasi yang tidak pasti, kita diharuskan bertindak tanpa kepastian. Kompleksitas lingkungan tercermin dalam sifat dinamis dan saling ketergantungan. Ambiguity menciptakan lingkungan yang tidak familiar dan di luar kendali,” jelasnya.

baca Juga ; Pandangan Ahli Hubungan Internasional tentang Konflik Palestina-Israel

Untuk menghadapi tantangan tersebut, learning agility atau ketangkasan belajar menjadi kunci. Ketangkasan belajar diartikan sebagai kualitas dan atribut yang memungkinkan seseorang tetap fleksibel, berkembang dari kesalahan, dan mampu menghadapi berbagai tantangan. Dengan demikian, individu dapat efektif beradaptasi dengan perubahan, belajar dari pengalaman, dan berhasil mengatasi beragam tantangan yang mungkin muncul.

Belajar Tanpa Batas Di era perubahan yang cepat, keberhasilan profesional semakin terkait erat dengan kemampuan belajar yang cepat dan adaptif. Ada lima perilaku ketangkasan belajar yang menjadi kunci utama untuk menghadapi tantangan tersebut, yaitu inovatif, performa tinggi, reflektif, berani mengambil risiko, dan membela diri.

Pembelajar yang tangkas tidak takut menantang status quo. Mereka perlu memiliki daya inovasi yang kuat untuk terus berkreasi dan mencari solusi baru. Kemampuan untuk tetap tenang dalam menghadapi kesulitan menjadi kunci penting.

“Pembelajar yang tangkas meluangkan waktu untuk merenung tentang pengalaman mereka dan bisa menempatkan diri dalam suasana yang menantang ketika sudah berada di zona nyaman, berani mengambil risiko. Mereka membuka diri untuk belajar dan menolak godaan untuk bersikap defensif di tengah cobaan,” ungkap Tantri.

Dalam perjalanan meningkatkan ketangkasan belajarnya, individu dapat mengadopsi serangkaian langkah yang memicu pertumbuhan intelektual mereka. Pertama, menjadi penjelajah yang berani menerima tantangan. Kemudian, mengasah kemampuan pada setiap situasi dan menginternalisasikan pengalaman serta pelajaran yang diperoleh.

Baca Juga : Aneka contoh Judul Skripsi Tentang Intuisi

“Yang terakhir adalah adaptasi dan aplikasi. Sesuaikan dan terapkan pembelajaran tersebut. Kembangkan kepercayaan pada intuisi tanpa terlalu berpikir berlebihan,” tutup Tantri pada akhir acara.

Info via : https://unair.ac.id/webinar-kolaboratif-acic-dan-seabank-bagikan-kunci-ketangkasan-belajar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *