SMM PTN-Barat adalah singkatan dari Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat. Ini adalah seleksi mandiri yang diadakan oleh sejumlah perguruan tinggi negeri di wilayah barat Indonesia. Calon mahasiswa yang mau memilih PTN yang tergabung di dalam SMMPTN-Barat 2023 ini harus telah memiliki ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C serta memiliki informasi jati diri, pas foto, serta ijazah atau surat keterangan lulus yang telah dibubuhi cap yang sah dari sekolah.

Pada seleksi kali ini, seperti juga norma yang tertuang di dalam Permendikbud No. 48 tahun 2022, tidak lagi diberlakukan pembatasan lulusan sekolah IPS dan IPA lagi. Bahwa keduanya memiliki kesempatan yang setara untuk memilih prodi yang berbasis Sains dan Teknologi atau Sosial Humaniora, tanpa melihat apakah calon mahasiswa ini berlatar-belakang IPS atau IPA.

Berikut Nama Universitas/ Kampus yang masuk dalam SMM PTN-Barat 2023 :

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Riau
  3. Universitas Jambi
  4. Universitas Bengkulu
  5. Universitas Andalas
  6. Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  7. Universitas Palangka Raya
  8. Universitas Malikussaleh
  9. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  10. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  11. Universitas Maritim Raja Ali Haji
  12. Universitas Bangka Belitung
  13. Universitas Teuku Umar
  14. Institut Teknologi Sumatera
  15. Universitas Samudra
  16. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  17. Universitas Siliwangi
  18. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  19. Univeritas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  20. Universitas Sumatera Utara
  21. Universitas Pendidikan Indonesia
  22. Universitas Pembangungan Nasional “Veteran” Jakarta
  23. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  24. Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan
  25. Universitas Singaperbangsa Karawang

SMM PTN-Barat ini merupakan salah satu cara untuk masuk ke perguruan tinggi negeri di wilayah barat Indonesia, selain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Dalam SMM PTN-Barat, calon mahasiswa harus mengikuti tes tertulis yang meliputi mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris. Selain itu, ada juga tes potensi akademik dan tes wawancara yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

SMM PTN-Barat biasanya diadakan setelah seleksi SNMPTN dan SBMPTN, dan diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin memperoleh kesempatan tambahan untuk diterima di perguruan tinggi negeri di wilayah barat Indonesia.

Jadwal SMM PTN-Barat 2023

  • Pendaftaran Peserta SMMPTN : 8 Mei – 27 Juni 2023 jam 08:00 – 16:00 WIB, Pendaftaran SMM PTN-Barat 2023 dilakukan secara online diawali dengan pengisian biodata diri melalui laman www.pendaftaran.smmptnbarat.id
  • Pelaksanaan UTBK ; 3 – 14 Juli 2023, Pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan dari tanggal 3 Juli sampai 14 Juli 2023
  • Skoring dan Pemeringkatan 14 – 15 Juli 2023, Skoring dan Pemeringkatan akan dilaksanakan dari tanggal 14 Juli sampai 15 Juli 2023
  • Penentuan Kelulusan : 16 – 18 Juli 2023. Penentuan Kelulusan akan dilaksanakan dari tanggal 16 Juli sampai 18 Juli 2023

Hasil seleksi akan bergantung pada banyak faktor, termasuk jumlah pendaftar dan kualifikasi akademik mereka. Sebagai saran umum, untuk mempersiapkan diri untuk SMM PTN, Anda dapat mempelajari secara seksama materi ujian yang diberikan dan menyelesaikan latihan soal sebanyak mungkin. Selain itu, pastikan Anda memahami persyaratan dan prosedur pendaftaran, serta menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan tepat waktu. Anda juga dapat meminta bantuan dari guru atau konselor pendidikan jika Anda memerlukan saran atau bantuan dalam mempersiapkan diri untuk SMM PTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *