Penghargaan ini merupakan inisiatif dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) untuk memberikan pengakuan kepada institusi-institusi di seluruh dunia yang menunjukkan komitmen dan kepedulian terhadap budaya Jawa. UNS Jawametrik menggambarkan peringkat dan pencapaian dari 117 perguruan tinggi di berbagai belahan dunia, baik di Indonesia maupun di tingkat internasional. Berikut adalah daftar 10 Kampus Terbaik Versi UNS Jawametrik, dari peringkat pertama hingga kesepuluh:

  1. Universitas Sebelas Maret
  2. Universitas Negeri Surabaya
  3. Universitas Negeri Semarang
  4. Universitas Gadjah Mada
  5. Institut Seni Indonesia Surakarta
  6. Universitas PGRI Semarang
  7. Universitas Indonesia
  8. Universitas Negeri Yogyakarta
  9. Leiden University
  10. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil meraih peringkat kedua dalam penghargaan ini, yang diumumkan pada tanggal 21 Juli 2023. Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi, Publikasi, dan Pemeringkatan Universitas, Junaidi Budi Prihanto, SKM, MKM, PhD, beserta timnya menerima penghargaan ini dengan bangga.

Baca Juga : Naik Posisi, UNESA Raih Peringkat 2 dalam UNS Jawametrik

Junaidi Budi Prihanto menyampaikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika Unesa atas kontribusi mereka dalam melestarikan kebudayaan Jawa. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkolaborasi untuk meraih prestasi ini. Dalam upayanya untuk terus maju, Unesa berkomitmen untuk mempertahankan prestasi ini dan bahkan berusaha meraih peringkat pertama.

Penghargaan UNS Jawametrik diberikan berdasarkan evaluasi dan penilaian dengan menggunakan 11 kriteria dan indikator. Data dan informasi yang digunakan berasal dari basis data Jawametrik yang mencakup pusat-pusat kegiatan, penelitian, peristiwa budaya, sumber daya, pakar, dan artefak yang terkait dengan budaya Jawa.

Unesa merasa bangga menjadi salah satu dari sepuluh kampus terbaik dalam UNS Jawametrik, dan mengakui bahwa pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras dan sinergi antara berbagai elemen di kampus dan pihak terkait. Semangat kolaborasi dan semangat berprestasi dalam melestarikan budaya Jawa akan terus dijaga dan ditanamkan untuk perkembangan budaya Jawa yang lebih baik di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *