Universitas Gadjah Mada (UGM) kini membuka pintu penerimaan mahasiswa baru untuk Program Pascasarjana Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Terdapat beberapa perubahan signifikan dalam proses penerimaan mahasiswa kali ini, yang diumumkan melalui serial #UGMUpdate pada Kamis (12/10).

Dalam perbedaan mencolok dengan proses sebelumnya, penerimaan mahasiswa baru kali ini akan dilakukan dalam empat gelombang yang berlangsung sepanjang bulan September hingga Desember 2023. Dr. Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom, yang menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, menjelaskan alasan di balik penyesuaian ini. Menurutnya, perubahan ini bertujuan memberikan peluang lebih luas bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung dengan UGM, sambil menunggu kepastian beasiswa, jika ada. Sejauh ini, Periode 1 telah dibuka sejak 26 September, dan pendaftaran akan terus tersedia dalam empat gelombang hingga 2 Januari 2024.

UGM menyediakan dua jalur penerimaan utama, yaitu jalur reguler dan jalur by research. Dalam jalur reguler, terdapat opsi untuk pembayaran biaya sendiri, sementara jalur by research diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa, baik dari lembaga sendiri maupun mitra UGM. Kehadiran jalur by research ini memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke UGM dan mengajukan beasiswa secara bersamaan.

Tentu saja, tidak semua calon mahasiswa pascasarjana sudah memiliki kepastian beasiswa pada saat mendaftar. Untuk alasan ini, UGM memberikan fleksibilitas dalam bentuk penundaan registrasi bagi mahasiswa yang telah diterima. Dengan fleksibilitas ini, mahasiswa dapat menunda proses registrasi mereka sambil menunggu kepastian terkait beasiswa.

UGM menghadirkan fleksibilitas ini sebagai solusi bagi calon mahasiswa yang seringkali memiliki komitmen dan aktivitas di luar pendidikan, seperti pekerjaan, penelitian, atau bisnis. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk tetap menjalani pendidikan secara optimal, sambil menjaga keseimbangan dengan komitmen lainnya.

Calon mahasiswa dapat mengakses informasi lebih lanjut mengenai program studi yang tersedia, biaya, dan prosedur pendaftaran melalui situs web resmi UGM di ugm.ac.id. Mayoritas program studi tersedia dalam empat gelombang penerimaan, meskipun beberapa program seperti farmasi dan hukum mungkin memiliki ketentuan khusus. Dalam hal ada pertanyaan lebih lanjut, kontak yang diperlukan juga telah disediakan.

Info via : https://ugm.ac.id/id/berita/ugm-buka-penerimaan-mahasiswa-baru-pascasarjana-dalam-empat-gelombang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Anang Sulistio, Pustakawan Loka Ghana SMAN 1 Sedayu, Raih Gelar Peserta Terbaik GTK Inovatif DIY 2023

Anang Sulistio, Pustakawan Loka Ghana SMAN 1 Sedayu, Raih Gelar Peserta Terbaik GTK Inovatif DIY 2023
November 12, 2023 0 Comments 20 tags

Selamat kepada Anang Sulistio, S.I.Pust (Pustakawan Loka Ghana SMAN 1 Sedayu) yang telah menjadi peserta terbaik kategori tenaga perpustakaan sekolah dalam apresiasi GTK Inovatif DIY 2023! Pustakawan Loka Ghana SMA

Apa Itu Zakat ? Pengertian, Syarat, dan Jenisnya

Ilustrasi Zakat Fitrah- BAZNAS KOTA YOGYAKARTA - APA ITU ZAKAT FITRAH
March 16, 2024 0 Comments 10 tags

Pengertian Zakat Definisi Zakat mempunyai beberapa arti, tergantung bahasanya, seperti kesuburan, kesucian, keberkahan, dan kesucian.Pemahaman ini mempunyai dua implikasi. Pertama, Zakat bertujuan mendatangkan kesuburan bagi yang melaksanakannya, dan kedua, juga

Kisah Sukses Aqilla Hilmy Daffanuri di Nikon Photo Contest 2022-2023

Kisah Sukses Aqilla Hilmy Daffanuri di Nikon Photo Contest 2022-2023
January 14, 2024 0 Comments 11 tags

Dalam sorotan industri film yang tengah berkembang di Indonesia, kolaborasi menarik antara talenta muda dari berbagai kalangan pendidikan telah menciptakan keajaiban di layar lebar. Aqilla Hilmy Daffanuri, seorang mahasiswa Fakultas