Sejumlah mahasiswa S1 Pendidikan Kimia dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah berkolaborasi dalam proyek yang memungkinkan siswa tunanetra belajar kimia dengan menggunakan media pembelajaran berhuruf Braille. Inisiatif ini melibatkan tiga mahasiswa, yaitu Nurprastiwi, Nasya Adilla Parhade, dan Sarah Nurhalisah Putri.

Menurut Ketua Tim Pelaksana, Nurprastiwi, ide untuk membuat buku dasar kimia dengan huruf Braille muncul karena minimnya sumber pembelajaran kimia dengan sistem Braille. Mereka menyadari pentingnya pembelajaran kimia dalam kehidupan sehari-hari, di mana ilmu kimia memiliki peran krusial. Oleh karena itu, mereka merasa perlunya media pembelajaran yang memadai untuk siswa tunanetra.

baca juga : Kegunaan Logika bagi Ilmu Komputer

Tim ini berdasarkan keputusan untuk memproduksi buku dengan huruf Braille yang diberi nama ‘Chemistry For You’. Nasya Ardila Parhade menjelaskan bahwa kerja sama mereka melibatkan MTs LB/A Yaketunis (Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam) Yogyakarta. Sekolah ini telah menggunakan huruf Braille dengan enam titik pada buku-buku pembelajarannya, termasuk beberapa simbol penting yang dipasang di dinding.

Namun, penggunaan dan produksi buku atau media pembelajaran dengan huruf Braille masih terbatas. Hal ini disebabkan oleh biaya cetak yang relatif mahal, yang membuat siswa tunanetra kesulitan untuk mendapatkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satu mata pelajaran yang dapat memanfaatkan huruf Braille sebagai media pembelajaran adalah kimia, di mana beberapa buku kimia dan alat peraga dapat mengadopsi huruf Braille.

baca Juga : Ditutup 31 Agustus : Ini 7 Beasiswa Menarik untuk Calon Mahasiswa di UM Surabaya

Sarah Nurhalisah Putri menjelaskan bahwa pembuatan buku dimulai dengan merancang konsep dan matriks pelaksanaan program. Tim mengatur jadwal program pengenalan dasar ilmu kimia dengan materi yang sesuai untuk siswa tunanetra di Yaketunis. Program ini dirancang untuk dilaksanakan tiga kali di sekolah. Media pembelajaran yang dikembangkan berisi materi dan konsep dasar kimia yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Materi tersebut dirancang dengan ringan, cocok untuk orang awam, dan dirancang khusus untuk penyandang tunanetra dengan menggunakan cetakan huruf Braille. Buku ajar kimia ini dirancang agar sesuai dengan kriteria buku yang diinginkan, seperti berat yang ringan, ejaan yang jelas dan mudah dibaca, serta nyaman bagi siswa untuk mempelajari isinya.

Pengembangan buku ‘Chemistry For You’ juga melibatkan validasi dari ahli dalam bidang materi dan media. Tim mengajak para ahli untuk menguji dan mengevaluasi buku tersebut dari segi isi dan formatnya. Proses validasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk tersebut dapat digunakan dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuan awal.

Karya ini berhasil mendapatkan pendanaan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang PKMPM tahun 2023. Karya mahasiswa ini merupakan kontribusi berarti dalam membantu siswa tunanetra untuk mengakses pembelajaran kimia melalui media pembelajaran yang dapat diakses dengan huruf Braille.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *