Dalam sorotan industri film yang tengah berkembang di Indonesia, kolaborasi menarik antara talenta muda dari berbagai kalangan pendidikan telah menciptakan keajaiban di layar lebar. Aqilla Hilmy Daffanuri, seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) angkatan 2020, berhasil meraih Special Encouragement Award di Tokyo, Jepang, dalam Kontes Kejuaraan Internasional Nikon Photo Contest. Prestasi ini diperoleh melalui karyanya berjudul “The Last,” sebuah film pendek dengan durasi singkat sekitar 40 detik, yang memenangkan kategori Super Short Film.

Hilmy mengungkapkan bahwa Nikon Photo Contest 2022-2023 merupakan ajang bergengsi yang menampilkan karya-karya fotografi dan film dari seluruh dunia. Meskipun bersaing dengan peserta global, karyanya berhasil memukau para juri, membuktikan prestasi luar biasa untuk dirinya dan Indonesia. “The Last” adalah sebuah karya film pendek dengan narasi mendalam, yang berhasil meraih apresiasi tertinggi di kategori Super Short Film. Sebagai Lighting & Art dalam film tersebut, Hilmy menunjukkan bakat luar biasa dalam seni visual.

Only a few days left of this year. What kind of year was 2023 for you? We wish you happy holidays. “The Last” by Yohanes Kardono / Indonesia Nikon Photo Contest 2022-2023. Short Film Competition Super Short Film Category, Special Encouragement Award. Story : An old man is trying hard to repair an old radio. He tried in various ways so that the radio could ring again. One time he was exhausted to fix it and took a short break. Then he tried to fix it again and finally, one big step later the radio could beep. Taking a break is a very important moment to take the next step.

Comment : Hopefully in the following years we can participate to make even better films. See more of the winning-works submitted under the short film competition theme, “Next Steps” on our website from the link in bio (@nikonphotocontest).

@nikonphotocontest

Penghargaan ini tidak hanya mengakui keahliannya sebagai sineas muda, tetapi juga menjadi pencapaian yang membanggakan untuk UMBY dan Indonesia. Hilmy berharap bahwa kemenangan ini dapat memotivasi rekan mahasiswanya untuk ikut serta dalam kompetisi. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Fakultas Ilmu Komunikasi dan UMBY yang memberikan dukungan dan apresiasi dalam pengembangan bakatnya. Dengan harapan agar mahasiswa UMBY lainnya dapat mengikuti jejaknya dalam meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *