Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil masuk ke dalam Klaster Utama Perguruan Tinggi di Indonesia berdasarkan klasterisasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2023. Penetapan Klaster Utama tersebut didasarkan pada Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023, tanggal 28 Desember 2023, yang mengkategorikan perguruan tinggi berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan klasterisasi Klaster Mandiri, Utama, Madya, dan Pratama.

Keputusan tersebut mencerminkan hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA selama periode tahun 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan melibatkan penulis, afiliasi, artikel, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual, dan buku yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi, UMBY berhasil masuk ke dalam Klaster Utama.

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet S.TP., M.P., MCE., menyambut baik pencapaian tersebut dan mengucapkan rasa syukur kepada seluruh civitas akademika UMBY. Ia menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Wangsamanggala, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang berkontribusi dalam peningkatan kinerja. Dr. Agus Slamet berharap prestasi ini dapat terus ditingkatkan ke depannya.

Ir. Setyo Utomo, M.P., Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja Sama (P3MK) UMBY, menegaskan komitmen perguruan tinggi untuk terus membangun suasana akademis yang mendorong kolaborasi antara dosen dan mahasiswa demi peningkatan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Klasterisasi ini dianggap sebagai dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis, serta sebagai landasan penentuan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. Dengan melihat klasterisasi sebagai pandangan holistik terhadap kualitas perguruan tinggi, UMBY berkomitmen untuk fokus pada peningkatan di bidang-bidang tertentu guna meningkatkan kontribusi dalam pengembangan riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *