STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta, bekerja sama dengan Indonesia Bobath Pediatric Association (IBPA), telah mengadakan serangkaian kegiatan berupa Seminar dan Clinical Course Bobath Pediatric untuk para fisioterapis di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 5-10 Januari 2024 di kampus STIKES Bethesda Yogyakarta, diikuti oleh sekitar 60 peserta, termasuk fisioterapis dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan fisioterapis dalam penanganan anak-anak yang mengalami cerebral palsy dan motor delay.

Pada seminar hari pertama, para peserta mendapatkan pengetahuan dari para ahli bobath pediatric, termasuk Ketua IBPA, Yohanes Purwanto, dan tiga pemateri/instruktur dari luar negeri, seperti Mr. Jung Sun Hong dari Korea, seorang senior internasional instruktur bobath pediatric dan ketua Asian Bobath Pediatric Instructors Association. Estose Araceli Socorro dari Pilipina juga turut serta sebagai pemateri.

Setelah mengikuti seminar, peserta kemudian mengikuti Clinical Course Bobath Pediatric pada hari-hari berikutnya, fokus pada penanganan cerebral palsy. Cerebral palsy merupakan kelainan yang memengaruhi kemampuan bergerak dan menjaga keseimbangan tubuh, khususnya pada masa kanak-kanak. Pelatihan ini mencakup enam jenis atau variabel cerebral palsy, yaitu hemiplegia, quadriplegia, Athetosis, hypotonia, ataxia, dan spastic diplegia. Para peserta diberikan pembelajaran menyeluruh tentang cerebral palsy dan bagaimana cara menanganinya melalui fisioterapi.

baca Juga : Seminar Nasional Ikamasi

Sebagai tambahan, kegiatan ini melibatkan pasien dengan cerebral palsy sebagai contoh kasus. Peserta diajarkan untuk mempraktikkan penanganan yang benar terhadap penderita cerebral palsy berdasarkan contoh kasus tersebut.

Gian Lisuari Adityasiwi, SST, Ftr, M. Fis, selaku panitia pelaksana, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari program IBPA yang dilaksanakan bekerja sama dengan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta sebagai tuan rumah atau penyelenggara. Tujuannya adalah memberikan media dan kesempatan kepada fisioterapis di Indonesia untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan mereka di bidang fisioterapi, mengingat terus berkembangnya ilmu fisioterapi dan spesialisasi di bidang tersebut. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di stikesbethesda.ac.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

KKN UMBY : Psikoedukasi Meningkatkan Motivasi Anak dan Remaja, Kasus Putus Sekolah di Dusun Cempluk

Ketika memasuki dunia perguruan tinggi, banyak di antara kita dihadapkan pada pertanyaan penting: "Jurusan apa yang sebaiknya saya pilih?" Salah satu pilihan yang populer dan relevan adalah jurusan manajemen. Mengapa demikian?
August 22, 2023 0 Comments 4 tags

Wilayah Gunungkidul, kecamatan Semanu, kelurahan Pacarejo, Dusun Cempluk masing – masing memiliki permasalahan dan potensi berbeda yang dapat dikembangkan. Salah satunya adalah terkait Psikoedukasi.

Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia?

Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia fokuskampus.com
October 13, 2023 0 Comments 12 tags

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup. Selain harus sesuai dengan minat dan bakat, biaya kuliah juga perlu dipertimbangkan. Berikut adalah 7 jurusan kuliah termahal di Indonesia,

Jokowi Resmikan Kampus UNU Jogja

img.11-Jokowi saat naik Eskalator-okowi juga merespons peresmian Kampus Universitas NU Yogyakarta sebagai bagian dari perayaan Hari Lahir NU ke-101.jpg
January 31, 2024 0 Comments 11 tags

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Lahir ke-101 Nahdlatul Ulama, sambil menegaskan bahwa NU telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam sambutannya