Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) kembali menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Seremoni pelepasan KKN-PPM angkatan 44 UMBY, yang melibatkan 709 mahasiswa, digelar di halaman Gedung Rektorat Kampus I UMBY di Jalan Wates, Sedayu, Bantul, pada Rabu (17/1/2024). Dr. Agus Slamet, Rektor UMBY, menyampaikan bahwa kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan bertujuan memberikan perlindungan bagi mahasiswa dan seluruh komunitas akademika di kampus. Meskipun diharapkan tidak digunakan, kampus tetap melakukan antisipasi terhadap kemungkinan yang mungkin terjadi pada mahasiswa yang sedang menjalankan program pengabdian masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Ir. Agus Slamet STP MP MCE, Rektor UMBY, berharap agar seluruh peserta KKN-PPM UMBY dapat menjaga kekompakan dalam kelompok masing-masing. Kekompakan dianggap sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan program kerja di lokasi KKN.

Baca Juga : KKN UMBY : Psikoedukasi Meningkatkan Motivasi Anak dan Remaja, Kasus Putus Sekolah di Dusun Cempluk

“Selain itu, sangat penting bagi seluruh peserta KKN-PPM untuk menjaga nama baik diri sendiri dan UMBY, serta mematuhi peraturan, ketentuan, dan adat-istiadat di lokasi KKN masing-masing,” ujar Agus Slamet.

Dalam konteks pelaksanaan KKN-PPM angkatan 44 UMBY yang berlangsung dari 18 Januari hingga 17 Februari 2024, menjelang Pemilu, peserta diharapkan untuk tidak membawa nama partai politik, calon legislatif, calon DPD, atau calon presiden.

Rektor UMBY menambahkan bahwa seluruh mahasiswa peserta KKN UMBY telah mendapatkan asuransi kesehatan. Meski demikian, mereka tetap diimbau untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin agar dapat menjalankan kegiatan KKN dengan lancar.

Baca Juga : Klaster Utama: UMBY Sabet Prestasi dalam Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Wafit Dinarto MSi MCE, Wakil Rektor Bidang SDM, Tutut Dewi Astuti SE MSi Ak CA CTA ACPA MCE CTFAIA, dan sejumlah Dekan Fakultas di UMBY. Kepala P3MK UMBY, Ir. Setyo Utomo MP, Koordinator KKN-PPM, Luky Kurniawan SPd MPd, serta 25 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-PPM angkatan 44 UMBY juga hadir.

Menurut Setyo, KKN-PPM angkatan 44 UMBY dibagi menjadi empat jenis, yaitu Reguler, Tematik, Mandiri, dan Penugasan Khusus. Peserta terbanyak berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, yakni 202 mahasiswa, diikuti oleh Fakultas Ekonomi, Teknologi Informasi, Psikologi, FKIP, dan Fakultas Agroindustri. Semua peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi positif selama menjalankan pengabdian di masyarakat.

Di Publikasi di Web KKN UMBY Total ada 68 Kelompok yang ada di KKN Angkatan ke-44 tahun 2024 ini sebagai besar di Gunungkidul, ada juga Tematik dan penugasan khusus di Kota Jogja, bantul, Magelang dan Sleman.

  • Kelompok1 KKN Penugasan Khusus : Kelompok Tani Dusun,Petung Ngemplak Windusari Magelang.
  • Kelompok 2-11 di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul
  • Kelompok 12-18 di Candirejo, Semanu, Gunungkidul
  • Kelompok 19-35 di Desa Semanu, Gunungkidul
  • Kelompok 36-39 di Pucanganom, Rongkop, Gunungkidul
  • Kelompok 41-51 di Semugih, Rongkop, Gunungkidul
  • Kelompok 53-61 di pasar Kota Jogja
  • Kelompok 62-66 KKN Mandiri di UMKM : Jamu Mulya Sari Abadi, Padukuhan Watu; Ssb Baturetno, Wiyoro;Bambu Indah Mlati Sendari (Sleman); Desa Wisata, Padukuhan Bantar
  • Kelompok 67-67 : Penugasan Khusus Komunitas Difabel Pinilih (Gubug) dan Gumregah Argorejo, Bandut Kidul (Bantul).

Salah satu peserta KKN-PPM Tematik, Julian, berkomitmen untuk menjalankan program kerja dengan sebaik-baiknya. Bersama timnya, mereka akan membantu mengenalkan UMKM secara online, meningkatkan daya tarik produk, dan berharap agar program-program KKN-PPM mereka dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

International Conference, AICGC 2023: UMBY Menyesuaikan Strategi Konseling di Era VUCA

International Conference AICGC 2023 Prodi Bimbingan dan Konseling UMBY
November 30, 2023 0 Comments 7 tags

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah sukses menyelenggarakan Annual International Conference Guidance and Counseling (AICGC) 2023 pada Senin,

Jadwal Masuk Ujian Mandiri Universitas Negeri /PTN di Jogja

Kapolres Bantul Apresiasi Kelulusan SMA yang Tertib Imbauan dan Pengamanan Tersebar
May 13, 2024 0 Comments 6 tags

Salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri adalah dengan lwat Jalur Mandiri. Calon mahasiswa Ujian masuk mandiri di Perguruan tinggi yang dipilih. Beda dengan SNPMB yang dilakukan secara bersamaan

Bangkitkan UMKM Nangsri Kidul; KKN 36 UMBY Hadir Berikan Sosialisasi Pemasaran dengan Strategi Baru

August 20, 2023 0 Comments 5 tags

Dusun Nangsri Kidul, 04 Agustus 2023 – Upaya memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilar penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, terdapat tantangan yang tak