Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan bahwa pendaftaran untuk beasiswa S2, baik dalam maupun luar negeri, tahun 2024 telah dibuka. Berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri tersedia bagi calon mahasiswa, termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan sebagainya untuk perguruan tinggi dalam negeri, serta Oxford University, Stanford University, Harvard University, dan lainnya untuk perguruan tinggi luar negeri.

Beasiswa Kominfo 2024 menyediakan tunjangan uang saku bulanan dan biaya kuliah bagi penerima. Pendaftaran terbuka untuk kalangan umum, PNS, TNI, dan Polri. Terdapat dua jenis beasiswa yang bisa dipilih, yaitu Beasiswa Kemitraan dan Beasiswa Aspirasi.

Beasiswa Kemitraan merupakan skema di mana pelamar bisa memilih perguruan tinggi yang memiliki kerja sama dengan Kementerian Kominfo, sementara Beasiswa Aspirasi adalah skema di mana pelamar bisa memilih perguruan tinggi tanpa kerja sama dengan Kementerian Kominfo.

Cakupan beasiswa meliputi biaya pendidikan, tunjangan buku, biaya operasional bulanan, serta bantuan publikasi jurnal dan/atau konferensi.

Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa Kominfo 2024 termasuk menjadi Warga Negara Indonesia, memiliki masa kerja minimal 2 tahun, batasan usia maksimal, belum memiliki gelar Magister/S2, memiliki IPK minimal 3.00, serta menyertakan berbagai dokumen seperti outline rencana tugas akhir dan motivation letter.

Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi Kominfo dengan memilih jenis beasiswa, mengisi data pribadi dan pendidikan, serta menyusun essay yang memuat personal statement dan rencana kontribusi pasca studi.

Inilah informasi tentang persyaratan dan cara mendaftar beasiswa Kominfo 2024 yang masih tersedia bagi masyarakat umum, PNS, dan TNI/Polri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *