Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember mencatatkan prestasi internasional yang gemilang. Adinda Putri Arifin, atau akrab disapa Ari, seorang siswi kelas X BIC 2, berhasil lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa Student Exchange ke Jepang. Sebagai hasilnya, Ari terpilih menjadi salah satu dari tujuh delegasi Republik Indonesia yang akan mewakili Jeneys High School for ASEAN 2023.

“Aku tak pernah membayangkan bahwa aku akan mendapatkan kesempatan untuk ikut seleksi pertukaran pelajar seperti ini dalam hidupku. Dengan bimbingan dari para guru, aku mengetahui program ini dan berhasil melewati tahap wawancara,” ungkap Ari di Jember setelah menerima pengumuman bahwa dia berhasil lolos seleksi beasiswa Student Exchange ke Jepang pada hari Selasa, 20 Juni 2023.

“Awalnya, aku kurang memiliki keberanian, tetapi semua teman-temanku di ma’had (pesantren) membantu aku. Mereka memberikan semangat dan dukungan, terutama teman sekelasku. Meskipun aku harus sementara menghentikan belajar untuk mempersiapkan wawancara, mereka membantu dengan mengajariku dan memberikan latihan agar aku tidak ketinggalan apa pun. Setelah berhasil melewati wawancara pada tanggal 13 Juni, aku harus menunggu pengumuman. Kemudian, aku mendapat kabar yang tidak bisa dipercaya pada tanggal 17 Juni,” lanjutnya.

Ari berhasil lolos berdasarkan hasil seleksi yang melibatkan proses penilaian yang sangat ketat. Proses seleksi meliputi penilaian portofolio, esai, dan kriteria penilaian yang ditetapkan selama tahap wawancara. Kepala MAN 1 Jember, Anwaruddin, mengapresiasi prestasi gemilang yang diraih Ari yang menjadi kebanggaan almamaternya di tingkat internasional. Ari akan segera berangkat ke Jepang. “Semoga Ari diberikan kemudahan dan kelancaran dalam kegiatan di sana serta menjadi inspirasi bagi siswa-siswa MAN 1 Jember lainnya,” harapnya.

info via : https://kemenag.go.id/internasional/siswa-man-1-jember-diterima-beasiswa-student-exchange-ke-jepang-EEsFq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *