Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) akan diubah menjadi Universitas Kepolisian Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan bahwa STIK telah menerima surat rekomendasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk bertransformasi menjadi Universitas Kepolisian Indonesia.

“Dalam beberapa waktu terakhir, kami telah mendapatkan surat rekomendasi dari Kemendikbud untuk membentuk atau mengembangkan STIK menjadi Universitas Kepolisian Indonesia,” kata Kapolri saat acara wisuda STIK tahun 2023, pada Rabu (21/6/2023).

Kapolri menyatakan bahwa Universitas Kepolisian Indonesia ke depannya akan menawarkan sejumlah program studi yang juga terbuka bagi masyarakat umum. “Terdapat beberapa program studi yang kami harapkan akan disiapkan untuk kepolisian, tetapi juga dapat diikuti oleh masyarakat umum,” ujar Kapolri.

Kapolri berharap bahwa Universitas Kepolisian Indonesia akan menjadi universitas terkemuka di masa depan dan mampu melahirkan generasi yang berprestasi untuk negara Indonesia. “Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Kalemdiklat, ketua STIK, profesor, dan dosen,” kata Kapolri.

Pada acara wisuda ini, sebanyak 232 mahasiswa berhasil meraih gelar. Mereka terdiri dari 208 mahasiswa program sarjana (S1) dan 20 mahasiswa program magister (S2). Selain itu, terdapat juga 4 mahasiswa program doktor (S3). Namun, satu calon wisudawan bernama Iptu Hendra Wibawa telah meninggal dunia sebelum acara wisuda.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat Mabes Polri, termasuk Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto, Kabaharkam Komjen Fadil Imran, AsSDM Polri Irjen Dedi Prasetyo, dan Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Moh. Hendra Suhartiyono, seperti dutulis di akun IG Divisi Humas Polri.

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian atau STIK – PTIK Adalah lembaga pendidikan kedinasan dan lembaga pendidikan akademik di bawah kendali Lembaga Pendidikan Polri. Dengan peran sebagai lembaga pendidikan kedinasan dan lembaga pendidikan akademik, mempunyai jati diri sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan Kepolisian Republik Indonesia yang bertujuan mengembangkan Ilmu Kepolisian di Indonesia

Info via : https://humas.polri.go.id/2023/06/21/stik-jadi-universitas-kepolisian-indonesia-kapolri-ada-prodi-untuk-masyarakat-umum/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *