Kedutaan Besar RI di Kairo, Selasa (20/6/2023), menggelar acara pelepasan dan pembekalan kepada 19 mahasiswa Mesir peraih beasiswa Darmasiswa dan KNB bertempat di Ruang Bhinneka KBRI Kairo.

Acara dihadiri Duta Besar RI, Lutfi Rauf didampingi Koordinator dan Pelaksana Fungsi Pensosbud serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Dubes RI mengucapkan selamat dan menyampaikan pembekalan kepada 19 mahasiswa peraih beasiswa dari Pemerintah RI yang nantinya akan tersebar di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Dikutip dari web kemlu.go.id, jumlah ini, 9 orang adalah peraih beasiswa Darmasiswa RI untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia dengan masa belajar selama 10 bulan di 7 Perguruan Tinggi tersebar di 5 kota (Bandung, Malang, Yogyakarta, Semarang dan Solo). Sepuluh orang peraih Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) akan menempuh studi S-2 di 6 Perguruan Tinggi ternama di Indonesia yang tersebar di 6 kota (Surabaya, Solo, Jakarta, Malang, Yogyakarta dan Bandung).

Tentang Beasiswa Darmawangsa

DARMASISWA merupakan program beasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Program ini menawarkan kesempatan bagi peserta untuk mempelajari Bahasa, seni, dan budaya Indonesia. President University merupakan salah satu universitas resmi yang terdaftar sebagai penyelenggara program ini. Pelaksanaan program DARMASISWA dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Program DARMASISWA pertama kali diluncurkan pada tahun 1974 sebagai bagian dari inisiatif ASEAN (Association of South East Asian Nations), dan pada awalnya hanya menerima siswa dari negara-negara ASEAN. Namun, pada tahun 1976, program ini diperluas untuk melibatkan siswa dari negara-negara lain seperti Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Hongaria, Jepang, Meksiko, Belanda, Norwegia, Polandia, Swedia, dan Amerika Serikat. Pada awal tahun 90-an, program ini kembali diperluas sehingga mencakup semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Sampai saat ini, lebih dari 80 negara berpartisipasi dalam program ini.

Tujuan utama dari program DARMASISWA adalah untuk mempromosikan dan meningkatkan minat terhadap bahasa dan budaya Indonesia di kalangan pemuda dari negara-negara lain. Program ini juga dirancang untuk memperkuat hubungan budaya dan pemahaman di antara negara-negara peserta. Di President University, DARMASISWA dianggap sebagai salah satu program inti dalam upaya internasionalisasi kampus. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan program komprehensif selama satu tahun yang dirancang khusus untuk memastikan bahwa mahasiswa peserta mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan selama berada di sini. Pada akhir program, mahasiswa tidak hanya akan mampu berbicara dalam bahasa Indonesia, tetapi juga memahami budaya dan gaya hidup melalui berbagai acara dan kegiatan budaya di President University serta kunjungan ke berbagai tempat wisata dan pusat kebudayaan terkenal di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *