Pada hari Kamis, 27 Juni 2024, Panitia Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-3 Tahun 2024 Universitas Mulia menggelar pembekalan bagi 342 mahasiswa di Ballroom Cheng Ho. Acara ini dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Sc., Ph.D., yang memberikan pesan-pesan penting kepada mahasiswa.

Prof. Ahsin mengawali sambutannya dengan mengungkapkan rasa syukur atas fokus pemerintah, terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam menghasilkan lulusan yang siap berkarir. “Kita tidak hanya menghasilkan lulusan yang kompeten secara akademik, tetapi juga yang siap bekerja, bahkan menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Visi Universitas Mulia sebagai perguruan tinggi berbasis Technopreneurship tahun 2043 mendapat penekanan khusus. Prof. Ahsin menegaskan bahwa langkah-langkah menuju visi tersebut dimulai dari persiapan sumber daya manusia, sarana prasarana yang memadai, perbaikan kurikulum, dan peningkatan kerja sama.

“Tujuan kita adalah agar alumni pada tahun 2040 tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi juga menciptakan lapangan kerja,” harapnya.

Rektor juga mengapresiasi mahasiswa dan dosen Universitas Mulia yang telah menghasilkan karya dan teknologi yang dapat bersaing di tingkat nasional. “Kita bertekad menjadikan Universitas Mulia sebagai perguruan tinggi berkualitas di Kalimantan Timur,” tambahnya.

Dalam pembekalan tersebut, Prof. Ahsin memberikan tiga pesan penting kepada mahasiswa KKN:

  1. Makna Filosofi KKN: Prof. Ahsin menekankan pentingnya mengartikan KKN sebagai lebih dari sekadar tugas matakuliah. Mahasiswa diharapkan memahami konteks yang mereka hadapi di lapangan sebagai peluang untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari.
  2. Penerapan Multidisiplin: Rektor mendorong mahasiswa untuk tidak hanya mengandalkan satu disiplin ilmu, tetapi juga berkolaborasi lintas program studi. Hal ini diharapkan akan menghasilkan implementasi pengetahuan dan teknologi yang lebih holistik.
  3. Empati dan Solusi Berkelanjutan: Selain mengembangkan pengetahuan, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan rasa empati terhadap masyarakat lokal dan lingkungan sekitar. Solusi yang diusulkan haruslah berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat.

Rektor juga mengingatkan agar seluruh peserta KKN menghindari pendekatan tradisional seperti sekadar penulisan papan nama atau selamat datang di desa. “Lebih dari itu, mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dengan kondisi lokal, berdiskusi dengan masyarakat, dan mengidentifikasi serta menyelesaikan permasalahan yang ada,” tegasnya.

Pembekalan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Sistem Informasi, Wisnu Hera Pamungkas, S.T.P., M.Eng., serta Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Richki Hardi, S.T., M.Eng., serta Ketua Panitia KKN 2024, Warrantia Citta, S.Farm., M.Sc.

Info via : https://universitasmulia.ac.id/2024/06/29/ini-pesan-rektor-kepada-342-mahasiswa-peserta-kkn-universitas-mulia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Apakah IKN Merusak Paru-Paru Dunia? Ini Pendapat Tim Gubernur Kaltim dan Dosen UGM

Apakah IKN Merusak Paru-Paru Dunia Ini Pendapat Tim Gubernur Kaltim dan Dosen UGM
May 24, 2023 0 Comments 8 tags

Tim gubernur yang bertanggung jawab dalam mempercepat pembangunan di Kalimantan Timur (Kaltim) hadir mewakili Gubernur Kaltim, Isran Noor, dalam diskusi Fisipol Leadership Forum Live dengan tema “Transformasi Kalimantan Timur Sebagai

Mahasiswa KKN Tematik 20 UNIMAL Adakan Pelatihan Aplikasi Komputer Untuk Guru SDN 13 Dewantara

Mahasiswa KKN Tematik 20 Adakan Pelatihan Penggunaan Microsoft Word Untuk Guru SDN 13 Dewantara
January 21, 2023 0 Comments 6 tags

Dikutipd ari web kampus (news.unimal.ac.id) diinformasikan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Malikussaleh Kelompok 20 adakan pelatihan penggunaan Aplikasi komputer bagi guru Sekolah Dasar Negeri 13 Dewantara, Aceh Utara,

HIMAKA UMBY Mengundang Semua untuk Seminar Nasional tentang Keamanan Siber

Webinar HIMAKA UMBY - Strategi perlindungan dari ancaman cyber
April 30, 2024 0 Comments 9 tags

Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMAKA) dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan bangga mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Pertahanan Digital: Strategi Perlindungan dari Ancaman Siber”. Seminar ini merupakan