Dalam upaya meningkatkan resiliensi kampus agar memiliki daya tangkal terhadap ideologi kekerasan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) akan melaksanakan program Kampus Kebangsaan. Program ini kali ini menyasar dua universitas di Salatiga, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

“BNPT akan melaksanakan pembentukan kampus kebangsaan di Salatiga. Diharapkan akan meningkatkan resiliensi kampus yang memiliki daya tangkal, daya cegah, dan daya lawan terhadap pengaruh paham radikal terorisme,” jelas Sekretaris Utama BNPT RI, Bangbang Surono, A.k., M.M., C.A., dalam kegiatan Audiensi dengan UIN Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Bakesbangpol Kota Salatiga terkait dengan Kampus Kebangsaan, Jurnalisme Kebangsaan, dan Warung NKRI Digital di Kantor Pusat BNPT Sentul, pada Selasa (17/7).

Salah satu bentuk program Kampus Kebangsaan yang akan digagas adalah Jurnalisme Kebangsaan. Program ini merupakan implementasi partisipasi masyarakat dalam mendukung penanggulangan terorisme. “BNPT tidak lama lagi akan mengadakan kompetisi Jurnalisme Kebangsaan. Kompetisi ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya pemberdayaan masyarakat dalam mendukung penanggulangan terorisme,” terangnya.

Rektor UIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag., menyambut baik kompetisi ini. Menurutnya, ini akan memperkuat peran mahasiswa dalam membangun kesadaran nasional akan bahaya ideologi kekerasan. “UIN Salatiga membuka pintu bagi kegiatan Jurnalisme Kebangsaan dari BNPT. Ini akan menjadi jalan memperkuat peran mahasiswa dalam membangun kesadaran nasional tentang bahaya ideologi kekerasan,” katanya.

Lebih lanjut, Direktur Kemahasiswaan UKSW Salatiga, Bapak Giner Maslebo, S.Pd., S.Si., M.Si., siap mengajak seluruh organisasi di kampus mengikuti kompetisi ini. “Kami siap mengajak organisasi-organisasi lainnya di kampus untuk mendukung kegiatan Jurnalisme Kebangsaan,” ucapnya.

Selain Jurnalisme Kebangsaan, BNPT juga akan mengembangkan Warung NKRI Digital di kota Salatiga. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kaban Kesbangpol Kabupaten Salatiga, Bapak Drs. V. Tino.T. Haribowo, M.M.

Info via : https://www.bnpt.go.id/tingkatkan-resiliensi-kampus-bnpt-ri-segera-lakukan-program-kampus-kebangsaan-di-uin-dan-uksw-salatiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Kapolres Bantul Apresiasi Kelulusan SMA yang Tertib: Imbauan dan Pengamanan Tersebar

Kapolres Bantul Apresiasi Kelulusan SMA yang Tertib Imbauan dan Pengamanan Tersebar
May 8, 2024 0 Comments 6 tags

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta, menyatakan bahwa proses pengumuman kelulusan SMA di Bantul berlangsung dengan lancar dan tertib. Dia juga memberikan penghargaan kepada seluruh siswa SMA di Bantul yang

Penjelasan dari Kampus Mengenai Dugaan Pelecehan Seksual oleh Dosen FH Unand

Penjelasan dari Kampus Mengenai Dugaan Pelecehan Seksual oleh Dosen FH Unand
June 13, 2023 0 Comments 4 tags

Terjadi dugaan kasus pelecehan seksual di Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Informasi ini terungkap setelah seorang mahasiswi dengan inisial S menceritakan tindakan seorang dosen dengan inisial Z

Bappenas Berharap Ada Undang-Undang Bank Pangan

Bappenas Berharap Ada Undang-Undang Bank Pangan
August 2, 2023 0 Comments 3 tags

JAKARTA – Deputi Bidang II Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bappenas), Nyoto Suwignyo, mendorong Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia untuk menerbitkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Bank Pangan.