Sosialisasi Mobile Intellectual Properly Clinic oleh DJKI pada 10 Agustus 2022 di Yogyakarta. Salah satu materi tentang Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

Materi Karya Design Industri (karya Desain industri) , Produk set, dll – Sosialaisasi HKI di Jogja 10 Agustus 2022. Bagaimana kita bisa mengetaui produk yang mau kita pasarkan sudah di HKI design industri, sedangkan saat dicari di internet hanya berdasarkan nama saja?

Video

Dalam kehidupan sehari-hari sering orang mencampuradukan antara paten dan merek, contohnya mengatakan : mematenkan merek. Ini sebenarnya tidak pas. Merek dan paten, keduanya adalah hak kekayaan intelektual (HKI) yang berdiri sendiri, punya konsepnya masing-masing dan diatur berdasarkan undang-undangnya sendiri, jadi secara hukum tidak dapat dicampur aduk.

Secara keilmuan hukum, HKI sendiri terdiri dari 7 bidang: Hak Cipta, Merek, Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Perlindungan Varietas Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *