Pentingnya Pembuatan Konten Video yang baik ini dikemas dalam sebuah pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim FTI UMBY di SLB Tunas Kasih Sedayu. Sebagai guru ada kalanya juga perlu menyampaikan materi dalam bentuk audio video bagi siswanya. Meskipun Sekolah Luar biasa, namun dalam peenyampaian materi masih mungkin dilakkan dengan persentasi. Siswa si sekolah ini sebagai besar tuna rungu (tuli) dan bisu. Selain disampaikan di elas materi video juga basa diunggah ke akun sosial media dan bermanfaat yang yang membutuhkan.

Pealatihan di SLB Tunas Kasih Sedayu

Pelatihan Editing Video untuk guru Sekolah ini dilaksanakan pada hari kamis, 7 September 2022 mulai 10.00 WIB di aula Sekolah SLB Tunas Kasih Sedayu Jl Wates km 13 Yogyakarta. Pelatihan Editing Video ini dilakukan dengan melanjutkan dari data yang diperoleh sebelumnya terkait kebutuhan dalam bidang edukasi. Tim pengabdian berasal dari prodi Infomatika dan Sistem Informasi UMBY yang diketuai oleh : Imam Suharjo dengan anggota, Indah Susilawati, Putry Wahyu Setyaningsih, selain itu juga dibantu oelh mahasiswa dari prodi Informatika.

Baca juga : Rayakan Dies Natalis ke-36, UMBY Tingkatkan Kualitas Kampus dan Serius Melayani Masyarakat

Dalam pelatihan ini peserta menggunakan aplikasi CapCut yang terpsang di smartphone. Dalam pelatihan ini, guru peserta diberikan modul untuk membantu dalam memahami cara menggunakan aplikasi capcut secara lebih mendalam. Selain pelatihan ini, sebelumnya juga telah dilakukan pembuatan kanal Youtube sekolah, editingn dan publikasi video kegiatan purna siswa serta pelatihan penggelolaan akun youtube bagi admin sosoal media di sekolah.

“Kegiatan yang sangat bagus, sangat bermanfaat untuk kami. Aplikasi yang digunakan mudah dipahami dan mudah digunakan. Sangat berguna untuk membuat media pembelajaran untuk siswa kami yang berkebutuhan khusus. Harapannya diadakan kembali pelatihan serupa dengan materi yang berbeda.” Tulis Bu Sina Dwi Permatasari salah satu guru di sekolah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *