Dikutip dari website Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro menggelar Kerjasama Penguatan Kelembagaan Desa dalam rangka percepatan pencapaian SDGs Desa di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH).

Kegiatan ini diikuti oleh para kepala desa dan mahasiswa program Rekognisi Desa Pembelajaran Masa Lalu (RPL) di Balairung Universitas Sunan Giri Nahdlatul Ulama (Unugiri) Jl. Ahmad Yani No 10 Bojonegoro, Rabu (2/11/2022).

Kepala Bagian Administrasi Umum (Kajur) Unesa, Tjitjik Rahaju mengatakan, kerjasama yang baik ini perlu terus dilakukan. “Tidak hanya dengan Pemkab tapi juga dengan perguruan tinggi di Bojonegoro untuk saling mendukung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama Desa/Kelurahan dan Teknologi Tepat Guna, DPMD Bojonegoro Muhammad Imam Affan mengatakan mahasiswa yang terlibat adalah para penggiat pembangunan desa. “Insya Allah tahun depan mahasiswa RPL angkatan baru akan dibuka,” jelasnya.

Affan melanjutkan, Pemkab Bojonegoro menargetkan pada 2030, kemiskinan di Bojonegoro tidak ada lagi dan pertumbuhan ekonomi desa akan merata. Selain itu, literasi masyarakat juga menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

“Oleh karena itu, kami mengupgrade para penggiat desa untuk mengaplikasikan ilmunya dan menularkannya kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Masyarakat Desa/Kelurahan Bojonegoro, Evie Octavia Marini mengatakan, baru-baru ini Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mendapatkan 3 penghargaan. Salah satunya adalah komitmen dan kontribusi dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Desa melalui program Beasiswa RPL Desa.

“Itu semua karena komitmen ibu Bupati, Anna Mu’awanah, untuk memberikan program RPL bagi penggiat desa yaitu Panjenengan yang menjadi subyek pembangunan,” jelasnya saat dikonfirmasi Kamis (11/3/2022).

Masih dalam paparan Evie, Pemkab memiliki program petani mandiri. Yaitu ada BUMDes yang menjamin penjualan dan ada juga BUMD Pangan. Desa juga memiliki mitra, Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan sebagainya, yang kesemuanya perlu dilibatkan untuk memanfaatkan peran seluruh lembaga kemasyarakatan desa. “Ini untuk lebih mempercepat SDGs,” kata Kepala Bidang Ketahanan Desa/Kelurahan DPMD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Kujang: Mewujudkan Angkutan Umum yang Ramah Lingkungan dan Terjangkau di Kota Bogor”

Kujang Mewujudkan Angkutan Umum yang Ramah Lingkungan dan Terjangkau di Kota Bogor
September 2, 2023 0 Comments 3 tags

Tiga mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) yang berasal dari angkatan 2020, yakni Khrisna Primaputra, Raisya Amru Adzhani, dan Rakan Sulthan Muhammad Hadipranoto, telah mengembangkan suatu inovasi sistem

Berita tentang UNY November 2022

UNY Berstatus PTN-BH
November 11, 2022 0 Comments 6 tags

Diberitakan iNews jika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY mulai Jalin Kerja Sama dengan PKNU dan TU Korea Selatan. UNY menjalin kerja sama dengan Pukyong National University (PKNU) dan Tongmyong University (TU)

Mengunjungi Berbagai Tempat Ibadah Bersejarah yang Berdampingan, Mahasiswa/i PMM UKI Merasakan Harmoni Beragama di Jakarta sebagai Wajah Damai Indonesia

Gambar-9-Di-Gereja-Santa-Maria-de-Fatima
March 16, 2024 0 Comments 11 tags

Dalam rangka kegiatan kebinekaan modul nusantara pada Sabtu (9/3) Mahasiswa/i Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Kristen Indonesia (PMM UKI) Angkatan 4 melakukan kunjungan ke lokasi bangunan tempat ibadah bersejarah yang