IPB University menawarkan beasiswa senilai Rp 3 miliar yang berasal dari Yayasan Alumni Peduli PIB (YAPI) untuk mendukung 360 mahasiswa IPB pada tahun ajaran 2023-2024. Beasiswa ini akan membantu biaya uang kuliah tunggal (UKT) bagi para mahasiswa.

Menurut Andi Irman, Ketua YAPI, beasiswa ini mencerminkan komitmen para alumni IPB dalam memastikan bahwa mahasiswa dapat mencapai prestasi akademik dan non-akademik dalam perjalanan pendidikan mereka di IPB University tanpa harus menghadapi kendala finansial. Hal ini diungkapkan dalam keterangan tertulis yang diterima pada Senin (14/8/2023).

Andi menekankan bahwa pemberian beasiswa ini merupakan upaya kolaboratif dari para alumni IPB untuk mengatasi masalah keuangan mahasiswa serta membantu mereka mewujudkan impian mereka.

“Termasuk bagi mahasiswa baru sebelum mereka memulai studi di IPB, YAPI telah memberikan beasiswa kepada mereka yang menghadapi keterbatasan dalam pembiayaan,” tambah Andi.

Pendanaan YAPI berasal dari program orang tua asuh dan dukungan Rektor IPB, Arif Satria, yang mengalokasikan donasi dari Persatuan Golf Alumni IPB (PGA-IPB). Arif menekankan bahwa IPB tidak akan membedakan mahasiswa berdasarkan latar belakang mereka, termasuk yang menghadapi kendala finansial. Ia menegaskan bahwa tidak akan ada mahasiswa IPB yang harus keluar dari universitas karena masalah biaya.

Baca juga : Info beasiswa KIP – Universitas Bina Insani

Beasiswa dari alumni IPB ini memiliki beberapa jenis, seperti Beasiswa Leader Mandiri, Beasiswa Prestatif, dan jenis beasiswa lainnya. Beasiswa Leader Mandiri diberikan kepada mahasiswa baru yang diterima di IPB tetapi menghadapi kendala dalam membayar UKT.

Sementara itu, Beasiswa Leader Prestatif diberikan sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai selama studi. Jenis beasiswa lainnya diberikan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan studi mereka namun menghadapi kesulitan finansial. YAPI juga berencana memberikan beasiswa kepada mahasiswa IPB yang berhasil masuk melalui jalur prestasi dan kepada Ketua OSIS.

Proses seleksi calon penerima beasiswa akan dilakukan oleh YAPI bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan IPB. Kedua belah pihak akan memastikan bahwa penerima beasiswa adalah mereka yang pantas dan layak mendapatkannya.

Lebih lanjut, YAPI adalah lembaga yang didirikan oleh Himpunan Alumni IPB dengan tujuan untuk mengimplementasikan perhatian para alumni dalam menjadikan IPB University sebagai perguruan tinggi kelas dunia. Sejak tahun 2017 hingga 2023, YAPI telah memberikan bantuan beasiswa kepada lebih dari 1000 orang mahasiswa. Selain bantuan finansial, YAPI juga menyelenggarakan pelatihan keterampilan lunak dan kepemimpinan. Rencananya, kuota penerima beasiswa dari alumni IPB ini akan terus ditingkatkan di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *