Senin, 14 Agustus 2023 — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan apresiasi atas program beasiswa dan bantuan kemanusiaan yang telah dilakukan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) dengan membangun dua sumur untuk rakyat Republik Kenya.

Pada acara seremoni penyerahan beasiswa dan pembangunan sumur di Aula lantai 6 Masjid At-Tanwir Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan bahwa inisiatif dari PP Muhammadiyah adalah langkah baik dari sebuah organisasi masyarakat untuk memberikan bantuan kepada negara yang membutuhkan. Ia mengungkapkan, “Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari lembaga-lembaga swasta seperti Muhammadiyah untuk menyediakan beasiswa kepada negara-negara yang masih membutuhkan dan masih berkembang supaya mereka bisa belajar di sini.”

Menko PMK menekankan bahwa kegiatan filantropi dan bantuan antarnegara bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi juga memerlukan inisiatif dari organisasi masyarakat swasta yang memiliki pengalaman dan kemampuan, seperti PP Muhammadiyah. “Itu sangat bagus sehingga tidak semua diurus pemerintah pusat tapi oleh organisasi besar yang sudah memiliki kemampuan menyediakan beasiswa kepada mahasiswa asing sangat kita hargai dan sangat kita puji,” tambahnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, secara simbolis menyerahkan beasiswa dan bantuan kemanusiaan kepada Duta Besar Kenya untuk Republik Indonesia, Galma Mukhe Boru. Sejumlah 31 mahasiswa dari Kenya akan menerima beasiswa dan belajar di berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) sesuai dengan bidang studi yang mereka pilih.

Haedar Nashir menjelaskan bahwa program ini adalah perwujudan semboyan “Muhammadiyah for All,” di mana Muhammadiyah hadir untuk seluruh warga dunia. Tujuan dari program beasiswa dan bantuan kemanusiaan ini adalah untuk memperkuat persaudaraan dan hubungan bilateral antara Indonesia dan negara-negara di Afrika, serta untuk melaksanakan misi perluasan internasionalisasi Muhammadiyah.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Kenya untuk Indonesia, Galma Mukhe Boru, menyampaikan terima kasih atas inisiatif PP Muhammadiyah. Ia juga berharap agar kerja sama ini dapat terus diperluas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kenya. Dalam hubungan diplomatik yang telah berlangsung sejak 1979, program ini diharapkan dapat lebih menguatkan kerja sama antara Indonesia dan Kenya.

Program beasiswa dan pembangunan sumur ini mencerminkan komitmen Muhammadiyah dalam menjalankan ajaran Islam Berkemajuan dengan tindakan nyata, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh umat manusia.

info via : https://www.kemenkopmk.go.id/menko-pmk-apresiasi-program-beasiswa-dan-bantuan-kemanusiaan-dari-pp-muhammadiyah-kepada-republik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Bazar Pasar Murah bersama Badan Pangan Nasional (BAPANAS)

BAPAN, ID Food, Rektor, Yayasan membuka Pasar pangan Murah dan Senam Sehat di UMBY 2023
October 21, 2023 0 Comments 19 tags

Acara ini merupakan bagian dari perayaan Dies Natalis UMBY ke-37 dan Hari Pangan Sedunia. Selain itu, Fakultas Agroindustri juga menyelenggarakan Agroindustry Festival yang meliputi Kuliah Umum tentang Ketahanan Pangan oleh

Kunjungan Istimewa ke Grha Literasi Husada: Kolaborasi dan Inovasi di Poltekkes Surabaya

Kunjungan Istimewa ke Grha Literasi Husada Kolaborasi dan Inovasi di Poltekkes Surabaya
September 5, 2023 0 Comments 5 tags

Pada Senin legi, tanggal 28 Agustus 2023, Grha Literasi Husada Poltekkes Surabaya menjadi tuan rumah bagi tamu istimewa yang terdiri dari Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Bapak Valentinus

Mohon doa untuk warga Palestina, IAITF melaksanakan Istiqhasyah

Mohon doa untuk warga Palestina, IAITF melaksanakan Istiqhasyah
November 6, 2023 0 Comments 6 tags

Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai (IAITF Dumai) telah mengadakan Istiqhasyah yang dipandu langsung oleh Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai, Dr. H. M. Rizal Akbar pada Sabtu (4/11/2023) di Mushala