Dusun Nangsri Kidul, 04 Agustus 2023 – Upaya memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pilar penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, terdapat tantangan yang tak dapat diabaikan, terutama di sektor pemasaran.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, KKN-PPM UMBY Kelompok 36 turut andil dalam menyelenggarakan sosialisasi yang bertujuan menguatkan jejak langkah UMKM di Dusun Nangsri Kidul, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Pada hari Jumat, suasana hangat mewarnai Rumah Produksi UMKM yang terletak di rumah Bu Suginah, istri Ketua RT.02. Di tengah aroma keripik pisang dan singkong yang menggoda, sosialisasi ini dihadiri oleh pemilik UMKM dan beberapa anggota masyarakat. Bu Suginah, Bu Umi, dan Bu Sutarmi hadir dengan antusias untuk memperoleh wawasan baru yang dapat mengembangkan usaha mereka.

Baca juga :

Pemateri dari Kelompok KKN-PPM UMBY Kelompok 36 dengan penuh semangat memaparkan materi analisis pemasaran dan branding. Dengan penuh semangat, mereka menggambarkan betapa pentingnya pemasaran yang efektif dalam menjual produk UMKM.

Materi ini mencakup strategi branding yang kuat, analisis pasar yang mendalam, dan pemanfaatan platform digital sebagai sarana promosi modern.
“Kami senang mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan UMKM di sini,” ujar salah satu anggota Kelompok KKN-PPM. “Sosialisasi ini adalah bukti komitmen kami untuk mendukung kemajuan usaha lokal.”

Bu Suginah, pemilik rumah produksi UMKM, menyambut baik inisiatif ini. “Kami merasa terbantu dengan pengetahuan yang diberikan oleh Kelompok KKN-PPM. Kami berharap dengan strategi baru yang kami pelajari, produk-produk kami dapat dikenal lebih luas lagi.”

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan UMKM di Dusun Nangsri Kidul dapat menemukan solusi cerdas dalam mengatasi kendala pemasaran. Langkah kolaboratif seperti ini menjadi jembatan yang kuat dalam meningkatkan daya saing UMKM lokal dan memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Sosialisasi Pemasaran UMKM ini menggambarkan semangat gotong royong dan perhatian terhadap pengembangan potensi ekonomi di tingkat masyarakat. Dengan memadukan pengetahuan dan pengalaman, UMKM di Dusun Nangsri Kidul bergerak maju menuju kesuksesan yang lebih besar.

Nama Penulis/ Kontributor : Muhammad Sofyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *