(FK-Semanu, GK) Senin, 31 Juli 2023 telah dilaksanakan Sosialisasi Peningkatan Kualitas Kesehatan untuk anak-anak di Dusun Sempon Kulon, Dadapayu, Semanu Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta oleh teman-teman KKN-PPM Kelompok 11 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan di Balai Dusun Sempon Kulon mulai pukul 16.00 WIB. Total peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 25 anak yang terdiri dari anak-anak Dusun Sempon Kulon dan Sempon Wetan. Sosialisasi ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu cara menyikat gigi yang baik serta tata cara mencuci tangan yang benar. Kegiatan ini diadakan guna meningkatkan kualitas kesehatan yang ada.

Meski nampak sepele, namun menyikat gigi dan mencuci tangan menjadi kebiasaan baik yang perlu diperhatikan benar atau tidaknya. Karena jika tidak, virus dan penyakit dapat menjangkit tubuh, terutama pada anak-anak yang banyak bermain serta mengeksplor diri.

Melihat pentingnya hal tersebut, perlu disampaikan informasi lebih lanjut tentang cara menyikat gigi yang baik serta memcuci tangan dengan benar. Contohnya dalam sehari mininal perlu menyikat gigi dua kali, mencuci tangan sebelum makan, dan sehabis berkegiatan didalam maupun diluar rumah. Dalam kegiatan sosialisasi ini juga, anak-anak juga dapat melakukan praktik langsung bersama teman-teman KKN-PPM UMBY. Hal ini tentu efektif untuk membuat anak-anak menjadi lebih paham dan mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Baca Juga : Bangkitkan UMKM Nangsri Kidul; KKN 36 UMBY Hadir Berikan Sosialisasi Pemasaran dengan Strategi Baru

Dalam kegiatan ini juga anak- anak pun difasilitasi dengan pemberian sikat gigi dan pasta gigi baru yang bisa dibawa pulang setelah melakukan praktik. Kegiatan ini berjalan menyenangkan dengan adanya antusias dari anak-anak dalam praktik langsung maupun menjawab kuis yang diberikan setelah penyampaian materi. Terdapat hadiah untuk anak yang berhasil menajwab dengan benar pertanyaan yang diberikan. Setelah penyampaian informasi, praktik langsung, dan kuis, tak lupa dilakukan sesi dokumentasi serta pemberian susu kotak gratis bagi semua anak-anak yang menjadi peserta dalam kegiatan. Anak-anak sangat senang dan gembira.

Kontributor : Eka Dini Muspiana/ : KKN-PPM UMBY Angkatan XLIII Kelompok 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Sinergi Pendidikan dan Industri: Kolaborasi UMBY dan PT Mustika Jaya Lestari

Sinergi Pendidikan dan Industri Kolaborasi UMBY dan PT Mustika Jaya Lestari
September 13, 2023 0 Comments 0 tags

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Mustika Jaya Lestari. Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan nota perjanjian (MoA) antara Program Studi Peternakan

PMB Jalur Mandiri IAIN Bone TA 2023/2024

PMB Jalur Mandiri IAIN Bone TA 20232024
June 4, 2023 0 Comments 4 tags

IAIN Bone, 2 Juni 2023 – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone dengan bangga mengumumkan pembukaan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Mandiri untuk tahun ajaran 2023. Jalur Mandiri adalah

LPM IAIN Parepare Taken MoU dengan LPMPP Unhas dan Best-Q Institut

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melakukan teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin (Unhas)
December 31, 2022 0 Comments 5 tags

(FokusKampus-Parepare) Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Best-Q Institut, sebuah lembaga pakar penjaminan