MAN 2 Yogyakarta telah menjadi pusat pelatihan bagi calon guru dari berbagai perguruan tinggi. Setiap tahun, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menempatkan mahasiswa dari berbagai program studi untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Kerja (PK) selama tiga bulan (Juli dan Agustus 2023). Proses ini dikomandoi oleh Wakaur Kurikulum, Fajar Basuki Rahmat, S.Pd.I.

Di tengah kesibukannya, Prof. Edi Istiono, seorang guru besar dalam bidang Fisika di UNY, berkesempatan untuk mengunjungi mahasiswa Prodi Fisika di MAN 2 Yogyakarta. Dalam pertemuan tersebut, ia berdiskusi dengan guru fisika, Leni, S.Si, dan Fajar Basuki Rahmat di ruang Kepala Madrasah.

Leni menjelaskan, “Terjalinlah hubungan saling menguntungkan antara kami, para guru, dengan Pengabdian Masyarakat UNY. Kami sering diundang untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan diri kami. Kami diperbarui dengan pengetahuan dan wawasan terkini, termasuk pengembangan teknologi, metode asesmen, dan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan era digital.”

baca juga : Ini dia 10 Universitas teratas versi Webometrics Agustus 2023 dan Fakta Singkatnya

“Di MAN 2 Yogyakarta, saya mendapat banyak pengalaman berharga. Ternyata menjadi seorang guru melibatkan banyak tanggung jawab dan tugas yang berat. Tugas kami bukan hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga membangun karakter siswa. Kami terlibat dalam berbagai kegiatan dan program di madrasah ini. Semoga upaya kami sebagai guru dapat bermanfaat dan mendapatkan balasan yang baik, serta tetap diberi kesehatan,” ujar Novita Wulandari, salah satu mahasiswa KKN dari UNY.

“MAN 2 Yogyakarta adalah tempat yang tepat bagi mahasiswa KKN dan PK untuk belajar dan mempersiapkan diri menjadi guru profesional,” kata Edi Istiono menjelang berakhirnya kunjungannya di MAN 2 Yogyakarta.

Informasi melalui: Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) / diy.kemenag.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *