Penang Halal International siap untuk menyelenggarakan edisi ke-12 Penang International Halal Expo & Conference (PIHEC) pada tanggal 23-25 Juni 2023 di SPICE Convention Center & Arena, yang akan mengumpulkan sejumlah bisnis menjanjikan di sektor Halal seperti makanan dan minuman, pariwisata, fesyen syar’i, dan teknologi.

PIHEC 2023 adalah acara Halal terbesar di utara Malaysia dan memberikan perspektif baru pada industri Halal dengan fokus pada berbagai sektor Halal selain sektor makanan dan minuman tradisional. Ketika Malaysia pulih dari dampak buruk pandemi dan lonjakan inflasi yang mempengaruhi biaya berbisnis, panggilan untuk adopsi teknologi digital menjadi semakin mendesak bagi para pelaku bisnis.

Untuk mencapai pertumbuhan yang diproyeksikan mencapai USD4,96 triliun pada tahun 2030, industri Halal yang masih banyak mengandalkan proses manual dengan pena dan kertas serta metode tradisional dalam produksi makanan, harus mengadopsi teknologi digital secara masif. Inilah sebabnya mengapa PIHEC 2023 berfokus kuat pada memamerkan solusi digital yang menjanjikan untuk memberikan dorongan signifikan pada sektor Halal.

PIHEC 2023 menekankan pentingnya percakapan selama diskusi panelnya mengenai prospek industri Halal dalam 10 tahun mendatang, bagaimana meningkatkan ketahanan logistik di wilayah ASEAN sebagai tulang punggung perdagangan regional, mengakui peran wanita yang semakin meningkat dalam sektor penting industri Halal, dan tentu saja, masa depan inovasi teknologi dalam sektor Halal serta bagaimana hal ini dapat mengubah industri secara eksponensial dalam beberapa tahun mendatang.

Penang dianggap memainkan peran utama dalam pengembangan industri Halal karena letaknya yang strategis di tengah wilayah maritim dan daratan Asia Tenggara serta memiliki peran sejarah sebagai pusat perdagangan regional selama berabad-abad.

YAB Chow Kon Yeow, Ketua Menteri Penang, mengatakan, “Selama beberapa dekade, Penang telah menjadi pemimpin dalam sektor E&E, dan sekarang Halal menjadi salah satu wilayah pertumbuhan baru yang difokuskan oleh Penang karena potensi pasar yang sangat besar.”

Seperti yang dikatakan oleh YB Dato’ Haji Abdul Halim Hussain, Exco Negara Bagian untuk Perdagangan, Industri, dan Pengembangan Wirausaha, “Negara Bagian Penang memiliki semua elemen yang tepat untuk menjadi Pusat Halal, bukan hanya di wilayah utara Malaysia, tetapi juga sebagai bagian sentral dari rantai pasokan Halal di Asia Tenggara.”

En. Fazil Irwan Som, CEO Penang Halal International, sependapat dengan hal ini dan menekankan bahwa “PIHEC 2023 akan menjadi platform kuat untuk memamerkan kemampuan Penang dan mempromosikan pesan baru untuk Halal. Dengan menjadikan Halal sebagai merek teladan bagi kemakmuran ekonomi dan kekuatan yang baik bagi planet kita, kita dapat mendorong pertumbuhan eksponensial dalam industri ini dan mengamankan posisi Penang sebagai pemimpin dalam pasar Halal.”

Para pembicara PIHEC 2023 termasuk Mahadhir Aziz, CEO MDEC, Sari Lenggogeni, Ketua Dewan Pariwisata Sumatera Barat, Mark Jason Thomas, CEO MASKargo, Marcelo Hidalgo Valdes, Direktur Chilehalal & Presiden Chile-Malaysia Chamber of Commerce Industrial and Services AG (CAMCHIMAL), Aleem Siddiqui Guiapal, Manajer Grup, Otoritas Kawasan Ekonomi Filipina (PEZA), dan banyak lainnya.

Beberapa delegasi asing PIHEC 2023 mencakup:

  • Chile – Pusat Sertifikasi Halal Chile, Kamar Dagang Malaysia-Chile
  • Indonesia – Kementerian Pariwisata Indonesia, Dewan Pariwisata Sumatera Barat, Kabupaten Banyumas, Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan
  • Filipina – Munisipalitas Tamparan di Lanao Del Sur, Otoritas Kawasan Ekonomi Filipina, Departemen Perdagangan dan Industri
  • Tiongkok – Pemerintah Provinsi Henan dan Komunitas Bisnis, Departemen Perdagangan Provinsi Jilin
  • Spanyol – Instituto Halal, Spanyol
  • Vietnam – Pusat Promosi Investasi dan Perdagangan (ITPC) Kota Ho Chi Minh, Vietnam

PIHEC 2023 didukung oleh Sponsor Emas yaitu Hong Leong Islamic, Penang Development Corporation, dan MDEC, Sponsor Perak yaitu Maybank, Aeon Big, dan SME Bank, serta berbagai mitra seperti Maxis, Coca-Cola, DHL, dan banyak lagi.

Daftar untuk PIHEC 2023 secara gratis di sini dan kunjungi situs web acara. Untuk pertanyaan, Anda dapat menghubungi Penang Halal International. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari acara yang akan mengubah permainan ini dan tetap berada di depan perkembangan industri Halal yang terus berubah.

Info via : kinihalal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *