Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi secara resmi dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa oleh Northern Illinois University (NIU), Amerika Serikat. Pengangkatan ini dilakukan berkat kerjasama dengan Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta dan ditandai dengan pemindahan tali toga serta penyerahan ijazah oleh Executive Vice President and Provost NIU, Dr Laurie Elish-Piper, di Kampus UWM pada Rabu (28/6/2023).

Dalam pidato ilmiahnya, GKR Mangkubumi menyampaikan bahwa gelar ini menjadi pengingat bahwa perjalanan hidup tidak berhenti di sini, tetapi menandai babak baru dalam komitmen seumur hidup untuk terus merintis batas-batas pengetahuan, memupuk inovasi, dan berkontribusi bagi kemajuan masyarakat.

“Saya menerima kehormatan ini dengan penuh rendah hati dan dedikasi, karena saya menyadari bahwa kehormatan ini datang dengan tanggung jawab besar untuk terus berjuang mencapai yang terbaik, menginspirasi orang lain, dan membuat perbedaan positif di dunia,” ujar GKR Mangkubumi.

Baca juga : STIK Akan Berubah Menjadi Universitas Kepolisian Indonesia, Kapolri Berharap Menjadi Kampus Unggulan

Provost Laurie Elish-Piper menyatakan bahwa anugerah Doktor Honoris Causa yang diberikan kepada GKR Mangkubumi, yang saat ini aktif dalam berbagai organisasi, adalah sebagai pengakuan atas banyaknya kontribusinya bagi masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan, pelestarian budaya, kemajuan sosial, dan advokasi.

Presiden NIU, Lisa Freeman PhD, dalam sambutannya yang disampaikan melalui video, menyampaikan selamat atas penyerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada GKR Mangkubumi.

Dekan Sekolah Pascasarjana dan Wakil Presiden Bidang Urusan Internasional, Dr. Kerry Wilks, menyatakan bahwa penganugerahan Doktor Honoris Causa ini salah satunya karena aktivitas GKR Mangkubumi dalam pemberdayaan perempuan di desa-desa terpencil.

“Dengan kegiatan tersebut, ekonomi masyarakat dapat meningkat, yang pada akhirnya dapat mendukung program pengentasan kemiskinan, terutama di Indonesia,” tambahnya.

Dekan Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Prof. Dr. Robert Brinkmann, dalam sambutannya menyatakan bahwa penganugerahan Doktor Honoris Causa ini merupakan bentuk kerjasama antara NIU dan UWM, seperti yang telah dilakukan sebelumnya dalam bentuk konferensi. “Kerjasama ini juga telah dilakukan dengan universitas lain di Malaysia,” tambah Brinkmann.

Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam sambutannya, menyampaikan ungkapan rasa terima kasih yang mendalam, serta penghargaan yang tinggi atas penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada GKR Mangkubumi. “Saya mewakili Kraton Yogyakarta mengucapkan selamat dan memohon doa restu, agar GKR Mangkubumi senantiasa diberi keteguhan sikap batin, moralitas, dan kearifan dalam membawa dan menerapkan amanah atas kehormatan ini,” ucap Sultan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *