Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup. Selain harus sesuai dengan minat dan bakat, biaya kuliah juga perlu dipertimbangkan. Berikut adalah 7 jurusan kuliah termahal di Indonesia, dikutip dari College Post:

  1. Kedokteran

Jurusan kedokteran menjadi jurusan kuliah termahal di Indonesia. Biaya kuliah jurusan kedokteran bisa mencapai Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya praktikum, biaya penelitian, dan biaya tambahan lainnya.

Baca juga: Pengumuman SNBP/SNMPTN 2024: Kapan Rilisnya dan Cara Memeriksanya

  1. Penerbangan

Jurusan penerbangan juga menjadi salah satu jurusan kuliah termahal di Indonesia. Biaya kuliah jurusan penerbangan bisa mencapai Rp 100 juta hingga Rp 500 juta per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya praktikum, biaya terbang, dan biaya tambahan lainnya.

  1. Perfilman

Jurusan perfilman menjadi jurusan kuliah yang semakin populer di Indonesia. Biaya kuliah jurusan perfilman bisa mencapai Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya peralatan, biaya produksi, dan biaya tambahan lainnya.

  1. Teknik komputer

Jurusan teknik komputer menjadi jurusan kuliah yang banyak diminati oleh mahasiswa. Biaya kuliah jurusan teknik komputer bisa mencapai Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya praktikum, biaya laboratorium, dan biaya tambahan lainnya.

  1. Seni

Jurusan seni menjadi jurusan kuliah yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya kuliah jurusan seni bisa mencapai Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya peralatan, biaya studio, dan biaya tambahan lainnya.

Baca juga : Manajemen: Fondasi Kesuksesan dalam Dunia Bisnis Modern

  1. Rekayasa (Engineer)

Jurusan rekayasa menjadi jurusan kuliah yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya kuliah jurusan rekayasa bisa mencapai Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya praktikum, biaya laboratorium, dan biaya tambahan lainnya.

  1. Arsitektur

Jurusan arsitektur menjadi jurusan kuliah yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya kuliah jurusan arsitektur bisa mencapai Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per semester. Biaya tersebut belum termasuk biaya praktikum, biaya studio, dan biaya tambahan lainnya.

Baca juga : Perkiraan Total Biaya Kuliah di Universitas Nahdlatul Ulama Lampung (UNU Lampung)

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Kuliah

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya kuliah, antara lain:

  • Jenjang pendidikan : Biaya kuliah untuk jenjang S1 biasanya lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah untuk jenjang S2 dan S3.
  • Jurusan : Jurusan tertentu, seperti kedokteran, penerbangan, dan teknik, biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan dengan jurusan lainnya.
  • Kampus : Kampus swasta biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan dengan kampus negeri.
  • Lokasi kampus : Kampus yang berada di kota besar biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan dengan kampus yang berada di kota kecil.

Tips Mengatasi Biaya Kuliah

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi biaya kuliah, antara lain:

  • Mencari beasiswa : Beasiswa merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keringanan biaya kuliah.
  • Mencari kerja paruh waktu : Bekerja paruh waktu bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk biaya kuliah.
  • Meminjam uang : Meminjam uang dari lembaga keuangan bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan dana untuk biaya kuliah. Namun, perlu diingat bahwa pinjaman uang harus dibayar kembali dengan bunga.
  • Memilih jurusan dengan biaya kuliah yang terjangkau : Jika biaya kuliah menjadi kendala, maka bisa memilih jurusan dengan biaya kuliah yang terjangkau.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Jurnal Pengabdian Gratis – Jurnal Angudi Mulyaning Bangsa

May 31, 2024 0 Comments 4 tags

CALL FOR PAPER JURNAL ANGUDI MULYANING BANGSAšŸ“£Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal Angudi Mulyaning Bangsa hadir untuk mempublikasikan pemikiran atau gagasan konseptual serta temuan penelitian yang telah dicapai dalam bidang pengabdian

Penundaan Implementasi NIK sebagai NPWP: Alasan dan Dampaknya

Penundaan Implementasi NIK sebagai NPWP Alasan dan Dampaknya
December 13, 2023 0 Comments 25 tags

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Dwi Astuti, menjelaskan alasan penundaan implementasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi orang pribadi dari tanggal 1 Januari 2024

KKN Tematik UNIMAL jadi Guru bantu Gampong Ulee Reuleung

KKN Tematik UNIMAL jadi Guru bantu Gampong Ulee Reuleung
February 10, 2023 0 Comments 6 tags

KKN Tematik Universitas Malikussaleh Angkatan kelompok 21 menjadi tenaga bantu ajar (guru) di Gampong Ulee Reuleung, Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Universitas Malikussaleh (UNIMAL) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di pantai Timur-Utara