Puluhan mahasiswa menggelar demonstrasi di depan Gedung Berlian, yang juga dikenal sebagai Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 25 Oktober 2023. Gedung Berlian ini terletak di Jl. Pahlawan No.7, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50249. Gedung ini berdekatan dengan Kantor Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Tengah di Jalan Pahlawan Semarang.

Para mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa sebagai bentuk protes terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka berkumpul di depan Gedung Berlian sambil memberikan orasi tajam terhadap pemerintahan Jokowi. Presiden Joko Widodo adalah Presiden ke-7 Republik Indonesia yang memulai jabatannya pada 20 Oktober 2014. Ia berasal dari Surakarta, Jawa Tengah, dan pernah menjabat sebagai Wali Kota Surakarta (Solo) dari 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012.

Aliansi Masyarakat Sipil Jateng yang terdiri dari mahasiswa ini mengadakan demonstrasi dengan tema “Evaluasi 9 Tahun Jokowi: Jokowi Gagal, Kembalikan Kedaulatan ke Tangan Rakyat.” Mereka melakukan orasi dan menyuarakan berbagai tuntutan.

Tuntutan-tuntutan yang mereka sampaikan antara lain adalah perlunya reformasi aparat penegak hukum, pencabutan UU Cipta Kerja, serta pengesahan RUU Perampasan Aset. Selain itu, mereka juga menuntut agar komponen kebutuhan hidup layak (KHL) dipulihkan dan pemerintahan bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Baca Juga : Lakukan Unjuk Rasa, Ribuan Mahasiswa Universitas di Lampung Paksa Masuk Gedung DPRD

UU Cipta Kerja juga mengatur perlindungan dan peningkatan kesejahteraan pekerja dan buruh. Sebagai aturan turunannya, ada empat Peraturan Pemerintah yang mengatur Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) serta perbaikan ketentuan terkait waktu kerja, hubungan kerja, pemutusan hubungan kerja (PHK), dan pengupahan.

Selama aksi unjuk rasa mahasiswa ini, Sekretariat DPRD (Setwan) menghadirkan Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng, Danie Budi Tjahjono, yang didampingi oleh Kasubbag Protokol Bagian Humas Setwan, Donny A. Kurnianto, untuk mendengarkan aspirasi mahasiswa. Dalam pertemuan tersebut, Danie dan perwakilan mahasiswa berbicara di depan gerbang Gedung Berlian yang penuh dengan para demonstran.

Komisi D DPRD Provinsi Jateng bertanggung jawab untuk mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, melakukan kunjungan kerja, konsultasi, dan studi perbandingan dengan persetujuan Pimpinan DPRD, serta mengadakan rapat kerja dan rapat dengar pendapat. Mereka juga memiliki kewenangan untuk mengusulkan hal-hal yang terkait dengan bidang tugas mereka kepada Pimpinan DPRD.

Setelah menerima tuntutan mahasiswa secara tertulis, DPRD Provinsi Jateng akan melakukan tindak lanjut terhadap surat tuntutan tersebut.

Info & Foto via : https://dprd.jatengprov.go.id/ratusan-mahasiswa-gelar-aksi-di-gerbang-gedung-berlian/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Agenda Webinar : Gagasan Koperasi ala Bung Hatta

Agenda Webinar Gagasan Koperasi ala Bung Hatta
December 5, 2023 0 Comments 3 tags

Gagasan Koperasi ala Bung Hatta, Pada Webinar #067 mendatang, Akademia Noto Negoro dengan bangga mempersembahkan topik menarik yang mengangkat gagasan koperasi ala Bung Hatta. Sebagai salah satu pemikir utama dalam

Magang saat Kuliah itu Penting, Mengapa?

Magang saat Kuliah itu Penting, Mengapa?
May 26, 2023 0 Comments 1 tag

Magang saat kuliah dapat menjadi salah satu metode efektif untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan kuliah. Selain memberikan pengalaman kerja yang berharga, magang juga dapat membantu Anda memperluas jaringan

Mengunjungi Berbagai Tempat Ibadah Bersejarah yang Berdampingan, Mahasiswa/i PMM UKI Merasakan Harmoni Beragama di Jakarta sebagai Wajah Damai Indonesia

Gambar-9-Di-Gereja-Santa-Maria-de-Fatima
March 16, 2024 0 Comments 11 tags

Dalam rangka kegiatan kebinekaan modul nusantara pada Sabtu (9/3) Mahasiswa/i Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Kristen Indonesia (PMM UKI) Angkatan 4 melakukan kunjungan ke lokasi bangunan tempat ibadah bersejarah yang