Gedung Berlian Semarang adalah nama lain dari Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah. Gedung berlian beralamat: Jl. Pahlawan No.7, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50249. Lokasi Gedung Kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah berdampingan dengan gedung Kantor Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Tengah di Jalan Pahlawan Semarang.

Setidaknya ada anggota DPRD Provinsi Jateng periode 2019-2024 sebanyak 120 orang yang duduk di 8 fraksi berkantor di Gedung Berlian Semarang ini. Diantaranya Fraksi PDI Perjuangan sejumlah 42 orang, PKB 20 orang, Gerindra 13 orang, Golkar 12 orang, PKS 10 orang, PPP 9 orang, PAN 6 orang dan Demokrat 8 orang (5 orang dari Partai Demokrat dan 3 orang dari Partai NasDem). Guna peningkatan kinerja, masing-masing anggota DPRD berjumlah 120 orang mendapatkan ruang kerja.

Baca Juga : Demonstrasi Mahasiswa di Gedung Berlian, Jateng, Menyoroti Kinerja Pemerintahan Jokowi

Kantor DPRD Jawa Tengah (Jateng) atau yang dikenal juga dengan nama Gedung Berlian diresmikan dengan sederhana, dilaksanakan Rabu (25/05/2020). Dengan disertai potong tumpeng dan gunting pita, gedung 11 lantai bisa digunakan dalam hal kedewanan (DPRD). Dalam acara itu Wakil Ketua DPRD hadir beserta ketua komisi dan ketua fraksi beserta anggotanya.

Wakil Ketua DPRD Sukirman sebelum pemotongan tumpeng mengatakan, Gedung baru ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh anggota dewan dan terbuka untuk masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya. Gedung untuk tempat berembuk, musyawarah, serta membahas persoalan anggaran yang kesemua untuk kesejahteraan rakyat. Dikutip dari website dprd.jatengprov.go.id

Baca Juga : DPRD Sulsel Diskusikan Nama-nama Pengganti Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau hasil dari proyek pembangunan Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah. Ganjar memulai tinjauan dari lantai dua penghubung antara bangunan lama dan gedung baru. Ia terlihat mengamati detail ruang per ruangan, mulai dari ruang kerja masing-masing anggota dewan, toilet, mushola, ruang rapat, ruang laktasi dan beberapa fasilitas penunjang lain. (Juli 2022).

Sebagaimana diketahui, Gedung 11 lantai, senilai Rp 136,546 miliar melalui multiyears dana APBD 2020 dan 2021. Secara lokasi, gedung berlian ini berada di belakang gedung utama atau biasa dikenal dengan Gedung Berlian. Secara pengembangan bangunannya menempati bekas gedung Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng. Konsep gedung DPRD Jateng, sesuai dengan arahan Gubernur Jateng adalah terbuka, Go green yang ramah terhadap lingkungan.

Tak Luput dari Salurkan Aspirasi (Demo)

Seperti gedung Wakil rakyat yang lain, Gedung ini juga sering diguanakn sebagai tempat penyaluras aspirasi mahasiswa/warga dalam ebntuk demo atau Orasi. Beberapa yang tecacat antara lain :

  • Ratusan buruh buruh PT Asrindo Indty Raya Semarang menggelar aksi damai di halaman Gedung Berlian DPRD Jateng, Senin (23/9/2019). Mereka mengadu ke dewan karena merasa terancam pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahannya.
  • Keluhkan RUU Cipta Kerja, KSPN Datangi Gedung Berlian Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Jateng mendatangi Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Nomor 7 Kota Semarang, Senin (24/8/2020), untuk menyampaikan keluhan persoalan Omnibus Law di sektor ketenagakerjaan yakni RUU Cipta Kerja. Setelah melakukan orasi di depan halaman Gedung Berlian, beberapa perwakilan buruh itu diterima oleh Anggota DPRD Provinsi Jateng diantaranya Riyono, Messy Widiastuti, dan Ida Nurul Farida. Saat berdialog di Ruang Pimpinan
  • Pada hari Jumat, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan Seruan Aksi di gedung DPRD Jawa Tengah. Aksi mengusung tema “Demokrasi Dikebiri, RKUHP Jadi Kunci”. Poin utama dalam aksi ini bukan menolak RKUHP.
  • Aksi Aliansi Mahasiswa Jawa Tengah di depan gedung DPRD Jawa Tengah. Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM di (DPRD Jawa Tengah 01/Sept/2022)

Komentar Netizen

Dulu temenku ada yang kuliah di Undip, bukan orang semarang bilang nunggu di depan DPRD Jateng. Akupun Googling itu dimana, ternyata Gedung Berlian maksudnya. Tulis Nuha F @masnu81.

Baca Juga : Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik UNNES Semarang berkunjung ke Gedung Berlian DPRD Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

DPRD Sulsel Diskusikan Nama-nama Pengganti Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Rektor Unhas yang masa jabatannya berlangsung dari 2022 hingga 2026
August 4, 2023 0 Comments 6 tags

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan telah membahas proses pengusulan calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan pengganti Andi Sudirman Sulaiman (ASS). Tindakan ini dilakukan berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri

BEM UI Viral Trending usai unggahan di Twitter tetang Jokowi

httpsfokuskampus.com20230521bem-ui-viral-trending-usai-unggahan-di-twitter-tetang-jokowi
May 21, 2023 0 Comments 3 tags

Baru-baru ini, BEM UI mengunggah sebuah postingan di Instagram yang berisi kritik pedas terhadap Presiden Jokowi karena dianggap terlalu sering meng-endorse salah satu calon presiden dalam Pemilu 2024. Dalam kritik

Penutupan Pelatihan Tenaga Pelatih Kesehatan (TPK)

Penutupan Pelatihan Tenaga Pelatih Kesehatan (TPK)
February 22, 2023 0 Comments 3 tags

Bertempat di Auditorium Bapelkes Provinsi Jawa Tengah Kampus Gombong, hari Rabu, 22 Februari 2023 telah dilaksanakan Penutupan Pelatihan Tenaga Pelatih Kesehatan (TPK) metode blended learning yang merupakan pelatihan kerja sama