Sukirman menyampaikan Dewan Perwakilan Mahasiswa Berupa Pendidikan Politik. Wakil Ketua DPRD Sukirman bertemu dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes). Dikutip dari situs resmi dprd.jatengprov.go.id

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkunjung ke Gedung Berlian DPRD Jawa Tengah, Rabu (9/11/2022). Kedatangan mereka tak lain untuk mempelajari bagaimana sistem politik dalam pemerintahan bekerja.

Ditemui Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, legislator dari PKB tersebut mengatakan, fungsi legislasi memegang peranan yang sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat pusat hingga kabupaten/kota. Selain itu, lembaga legislatif juga memiliki peran untuk mewakili seluruh aspirasi masyarakat agar dapat tersampaikan dan dilaksanakan.

Baca Juga : Di Blora, KKN UNUGIRI Bojonegoro Bantu Kelola Website Desa

“Legislatif adalah bagian dari sistem trias politica. Sistem pembagian kekuasaan dibagi menjadi tiga, yaitu eksekutif, legislatif atau DPR dan yudikatif. Lembaga legislatif memiliki tiga fungsi antara lain pengawasan, penganggaran, dan legislasi atau peraturan perundang-undangan tentunya bekerjasama dengan eksekutif dan yudikatif agar nantinya proses pemerintahan berjalan dengan baik. Peran lembaga legislatif sangat krusial, karena semua aspirasi diwakili oleh wakil rakyat dan dijalankan sepenuhnya agar terlaksana, seperti pembangunan infrastruktur di daerah-daerah tertentu,” ujarnya.

Ditambahkan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Fakultas Teknik Unnes, Wirawan Sumbodo, sangat mendukung semua program kegiatan kemahasiswaan, khususnya DPM FT Unnes merupakan wadah pendidikan bagaimana sistem politik dalam lingkup terkecil bekerja.

“Diharapkan bisa menumbuhkan soft skill yang nantinya bisa sangat aplikatif di dunia kerja dan bisa mendapatkan tempat atau jabatan khusus ketika bekerja dengan keahlian organisasi,” jelasnya.

Ketua DPM FT Unnes, Mahfud Muzadi mengatakan DPM FT Unnes masih sangat muda dan asing dengan dunia politik di bidang akademik. Selain itu, sistem penyusunan peraturan kampus juga membutuhkan banyak masukan dari mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Prestasi dan Keseimbangan: Cerminan Karakter SMPN 4 Pakem

Prestasi dan Keseimbangan Cerminan Karakter SMPN 4 Pakem
January 31, 2024 0 Comments 7 tags

“Seperti naik sepeda, hidup memerlukan keseimbangan dan terus maju.” Ungkapan ini mencerminkan semangat SMPN 4 Pakem dalam meraih prestasi, konsisten mempertahankan gelarnya, bahkan meraih prestasi baru yang gemilang. SMP Negeri

Dekan FH UGM Ungkap Keprihatinan Terkait Status Eddy Hiariej Tersangka Wamenkumham dan Guru Besar UGM

Foto Edward Omar Sharif Hiariej Tersangka Wamenkumham dan Guru Besar UGM sumber RRI
November 11, 2023 0 Comments 14 tags

Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM), Dahliana Hasan, mengungkapkan keprihatinannya terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), sekaligus Guru Besar Hukum

Mohon doa untuk warga Palestina, IAITF melaksanakan Istiqhasyah

Mohon doa untuk warga Palestina, IAITF melaksanakan Istiqhasyah
November 6, 2023 0 Comments 6 tags

Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai (IAITF Dumai) telah mengadakan Istiqhasyah yang dipandu langsung oleh Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai, Dr. H. M. Rizal Akbar pada Sabtu (4/11/2023) di Mushala