Watu Gendong merupakan tempat wisata yang memiliki batu raksasa yang dikeramatkan. Tempat wisata ini terletak di kawasan Beji, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Watu Gendong berarti batu yang dibawa, namanya dibuat karena adanya lima batu raksasa misterius yang tersebar secara teratur di lapangan yang luas.Tim dosen Universitas PGRI Yogyakarta juga mendorong pengembangan destinasi wisata di sisi utara Gunungkidul melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Salah satunya dengan memberikan pendampingan kepada pengelola objek Wisata Batu Gendong di Desa Beji, Kapanewon Ngawen.

Tim yang terdiri dari Bintang Wicaksono, M.Pd, Anindita Imam Basri, S.Ei., M.M dan Murniady Muchran, S.E., M.M memberikan pelatihan kepada Kelompok Sadar Wisata Desa Beji, mulai dari pelatihan manajemen pariwisata, keuangan, informasi pengembangan website dan media sosial Wisata Watu Gendong.

Kemudian pengelolaan media sosial, pelatihan video editing hingga promosi wisata online. Ketua tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas PGRI, Bintang Wicaksono, M.Pd mengatakan, bantuan yang dilakukan pihaknya memanfaatkan anggaran dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud. dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2022.

Diharapkan dengan bantuan ini Obyek Wisata Watu Gendong dapat berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

”Hari ini manager kami memberikan pelatihan video editing untuk kegiatan promosi. “Semoga melalui video ini dapat memberikan informasi kepada wisatawan tentang potensi yang ada di Wisata Watu Doyong,” ujarnya.

Selain itu juga dilakukan donasi sarana penunjang kawasan wisata Watu Gendong.

Sementara itu, Ketua Kalurahan Beji Sri Idhayanti mengungkapkan, keterlibatan akademisi dalam pengembangan pariwisata di daerah sangat penting.

Melalui pembinaan sivitas akademika diharapkan nantinya dapat menjadi pemicu berkembangnya pariwisata di Desa Beji khususnya objek Wisata Watu Gendong.

“Keterlibatan akademisi dalam pengembangan pariwisata di Desa Beji sangat dibutuhkan, dengan adanya bantuan ini diharapkan menjadi titik awal pengembangan pariwisata di Desa Beji khususnya Watu Gendong,” ujarnya.

Sri Idhayanti menambahkan, pada awalnya Situs Watu Gendong merupakan bagian dari sistem pengelolaan sumber daya alam dan juga sebagai kawasan konservasi dan pengelolaan lingkungan.

Baca juga: PGRI Minta Pasal Tunjangan Profesi Guru dalam RUU Sisdiknas Dikembalikan, Ini 5 Catatan Penting dari PGRI

Seiring berjalannya waktu, banyak warga yang mengunjungi situs ini, sehingga pemerintah setempat berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi destinasi wisata. “Akhirnya pada tahun 2013 Pemerintah Desa Beji bersama Badan Permusyawaratan Desa berdiskusi untuk mengubah kawasan pertanian menjadi kawasan wisata,” ujarnya.

Saat ini pengelolaan Wisata Watu Gendong dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Beji. Manajemen juga menyambut baik langkah Pemerintah Desa Beji yang bekerjasama dengan akademisi untuk pengembangan Wisata Watu Gendong.

Mereka berharap dengan pemanfaatan teknologi informasi, keberadaan Wisata Watu Gendong semakin dikenal masyarakat sehingga kedepannya dapat meningkatkan perekonomian warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Desa Wisata Tepus dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung Menggelar Pelatihan Branding Digital

Desa Wisata Tepus dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung Menggelar Pelatihan Branding Digital
May 9, 2024 0 Comments 7 tags

Kerjasama antara Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata NHI Bandung, dan Desa Wisata Tepus menjadi momentum penting dalam pengembangan desa tersebut. Salah satu kegiatan kolaboratif yang menarik

Mengunjungi Berbagai Tempat Ibadah Bersejarah yang Berdampingan, Mahasiswa/i PMM UKI Merasakan Harmoni Beragama di Jakarta sebagai Wajah Damai Indonesia

Gambar-9-Di-Gereja-Santa-Maria-de-Fatima
March 16, 2024 0 Comments 11 tags

Dalam rangka kegiatan kebinekaan modul nusantara pada Sabtu (9/3) Mahasiswa/i Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Kristen Indonesia (PMM UKI) Angkatan 4 melakukan kunjungan ke lokasi bangunan tempat ibadah bersejarah yang

UAD Jogja dan IAIM Bima Terjunkan KKN Februari 2023

Kolaborasi UAD Jogja dan IAIM Bima Terjunkan KKN Februari 2023
February 6, 2023 0 Comments 5 tags

Kampus UAD Jogja dan IAIM Bima Terjunkan KKN Februari 2023. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Anak Bangsa VIII kolaborasi dengan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima,