Penulis : Geri Ganisa Akhmal Hendarto (210110020) Mahassiwa Prodi Agroteknologi UMBY.

(FokusKampus- Bantul) Perkembangan game mobile di indonesia memang sangat meningkat. Hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya jumlah pemain aktif dari penjuru negeri. Salah satu game yang cukup populer adalah PlayerUnknown’s Battleground Mobile atau di singkat dengan PUBG MOBILE. Game ini di adopsi dari game PC yang memulai kesuksesannya di versi awal.

Sejak di rilis 2016 game ini cukup populer di kalangan anak muda bangkan orang dewasa. Pada akhirnya PUBG PC meraih penghargaan Game of The Year pada tahun 2017. Setahun kemudian Lightspeed dan Quantum Studio Group sebagai developer dari Tencent Games merilis PUBG MOBILE dalam versi Androidan IOS tepatnya pada 2018. Bahkan sejak awal rilis, PUBG MOBILE sudah mampu memecahkan rekor dengan pengunduh terbanyak di Google PlayStore pada tahun 2018.

Tampilan awal mula 2017 PUBG MOBILE di luncurkan oleh Tencent Games.
Tampilan awal mula 2017 PUBG MOBILE di luncurkan oleh Tencent Games.

Popularitas PUBG MOBILE pun semakin luas setelah perilisan lahirnya komunitas kecil sampai yang sudah terbentuk Tim Esport di indonesia. Salah satu atlet Esport yang terkenal di indonesia adalah Made Bagus Pramudita atau di sebut Zuxxy dan Made Bagas Prabaswara atau di sebut Luxxy, Duo tachibana ini memperoleh penghasilan sebesar USD 83 ribu atau sekitar 1,2 miliar rupiah. Salah satu kesuksesan PUBG MOBILE adalah menyelenggarakan event PUBG MOBILE Indonesia National Championship (PINC) hingga PUBG MOBILE Profesional League Indonesia (PMPL ID).

Grand Final PINC 2019 yang di juari TIM EVOS.
Grand Final PINC 2019 yang di juari TIM EVOS.

Banyaknya peminat PUBG MOBILE di Indonesia membuat pihak developer yaitu Tencent Games kemudia menyelenggarakan berbagai event dari komunitas SMA, KULIAH hingga sekelas ESPORT NASIONAL. Salah satunya adalah PUBG Community Cup (PCC)2021 yang sukses di ikuti oleh tim komunitas dari seluruh indonesia. Dalam laga tersebut seluruh komunitas berkesempatan bermain di kancah nasional.

CHAMPION SEASON 1 PMPL ID BIGETRON RA.

PUBG MOBIE juga melaksanakan turnamen antar campus di indonesia yang menarik kalangan muda di tanah air. PUBG MOBILE Campus Championship (PMCC) 2020. Di ajang ini hampir di ikuti seluruh campus di indonesia salah satunya Universitas Mercu Buana namun dalam babak penyisihan haarus kalah dan tidak dapat lanjut ke level selanjutnya.

Baca juga : Rayakan Dies Natalis ke-36, UMBY Tingkatkan Kualitas Kampus dan Serius Melayani Masyarakat

Beberapa daftar Roster dan nama Tim pada tahun 2022 :

DAFTAR TIMDAFTAR ROSTER
EVOS REBORN1. EVOS LYZERG 2. EVOS KF 3. EVOS REDFACE 4. EVOS MICROBOY 5.EVOS LAPAR
BIGETRON RA1. BTR ZUXXY 2. BTR LUXXY 3. BTR LIQUID 4. BTR RYZEN 5. BTR GENFOS 6. BTR MISERRY
RRQ RYU1. RRQ VALDEMORT 2. RRQ ASA 3. RRQ NERPEHKO 4. RRQ MORT
BOOM ESPORT1. BOOM BOBOHO 2. BOOM HEXAZ 3. BOOM OKTAA 4. BOOM YUMMY
NFT ESPORTS1. NFT BADMAN 2. NFT FLIPY 3. NFT RAMONES 4. NFT DRON 5. NFT SVAFVEL

Mereka ber 5 adalah salah satu tim esport pertama yang berhasil menembus kancah internasional sekaligus perwakilan dari indonesia dan telah resmi menjadi atlet timnas indonesia dalam kejuaran SEA GAMES dan mendapatkan Juara 1 se asia tenggara.

Di balik popularitas PUBG MOBILE di Indonesia juga terdapat potensi pasar ekonomi yang besar. Inilah salah satu alasan semakin berkembangnya game mobile yang tanpa di sadari dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Perjalanan Musikal Seorang Dosen: Album ‘Peluk Maafku’ dari Dr. St. Tri Guntur Narwaya

Guntur dosen UMBY Luncurlkan album perdana
March 30, 2024 0 Comments 12 tags

Dr. St. Tri Guntur Narwaya, seorang dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), baru-baru ini meluncurkan album perdana. Dosen yang memiliki

725 MABA lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Universitas Tidar (Untidar) Magelang

725 MABA lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Universitas Tidar (Untidar) Magelang
March 28, 2023 0 Comments 4 tags

Sebanyak 725 mahasiswa baru (maba) dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) di Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos akan berlanjut ke tahap registrasi pada tanggal 30

Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Menggelar UNISA Festival 2024: Meriahnya Milad ke-33

UNISAFEST 2024, Universitas Aisyiyah Yogyakarta,UNISA,
July 18, 2024 0 Comments 3 tags

Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta akan memeriahkan Milad ke-33 dengan event tahunan spektakuler, UNISA Festival (UNISAFEST) 2024. Acara ini akan diselenggarakan pada Sabtu, 20 Juli 2024, mulai pukul 07:00 hingga 23:00