Foto FPSI UMBY : Komisi Etik Psikologi UMBY Selenggarakan Sosialisasi Pertimbangan Etika.

Penulis artikel : Sabrina Astri Haifa (210810126) Mahasiswi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Program Studi (Prodi) Psikologi merupakan suatu jurusan yang terdapat dalam fakultas Psikologi, Psikologi yang mempelajari mengenai emosi, kognitif, serta perilaku individu. Program studi ini berlambangkan Trisula, yang merupakan alfabet Yunani urutan ke-23 atau disebut juga dengan “Psi”. Berikut ini merupakan wujud dari lambang psikologi.

Logo / Lambang psikologi

Akhir-akhir ini banyak sekali siswa-siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni kuliah lebih memilih untuk mengambil jurusan atau program studi psikologi. Seperti yang disebutkan di atas, mungkin saja karena psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku, emosi, serta kognitif manusia, sehingga banyak siswa dan siswi yang tertarik untuk mempelajarinya, dan juga peminatan dalam psikologi itu jelas untuk melanjutkan karier ataupun dalam pengaplikasian ilmu ke depannya.

Baca juga : Rayakan Dies Natalis ke-36, UMBY Tingkatkan Kualitas Kampus dan Serius Melayani Masyarakat

Berikut ini merupakan peminatan dalam program studi psikologi.

No.Peminatan
1.Psikologi Industri dan Organisasi
2.Psikologi Klinis
3.Psikologi Pendidikan
4.Psikologi Perkembangan
5.Psikologi Sosial
tabel peminatan dalam program studi psikologi

Jika ingin melanjutkan karier ke sebuah perusahaan dapat memilih peminatan psikologi industri dan organisasi, ataupun ingin berkarier di bidang medis dapat memilih psikologi klinis. Jika ingin mengajar bisa memilih peminatan psikologi pendidikan, atau ingin lebih mendalami tentang perkembangan manusia bisa memilih psikologi perkembangan.

Lalu, peminatan psikologi sosial jika ingin lebih dekat dengan masyarakat. Peminatan dalam psikologi bermacam-macam, sehingga harus memiliki gambaran terlebih dahulu, agar peminatan yang dipilih sesuai dengan apa yang di inginkan. Sehingga, harus di pikirkan secara matang, sebab sangat berpengaruh untuk ke depannya.

Program studi Psikologi pun mempelajari mengenai jiwa manusia, yang mana rata-rata mahasiswa-mahasiswanya memilih program studi tersebut dengan alasan ingin mengobati diri sendiri, sebab tidak semua orang memiliki kesehatan mental yang baik. Sehingga, dengan memilih program studi psikologi bisa belajar untuk mendapatkan ilmu sekaligus menyembuhkan diri. Atau peribahasanya berbunyi “sambil menyelam minum air”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Biaya Kuliah Universitas Telkom 2023

Biaya Pendidkan Biaya Kuliah Universitas Telkom 2023
May 11, 2023 0 Comments 5 tags

Tentang Telkom University Universitas Telkom, juga dikenal sebagai Telkom University, adalah universitas yang terletak di Bandung, Indonesia. Didirikan pada tahun 2013 dan dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), sebuah

Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia?

Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia fokuskampus.com
October 13, 2023 0 Comments 12 tags

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup. Selain harus sesuai dengan minat dan bakat, biaya kuliah juga perlu dipertimbangkan. Berikut adalah 7 jurusan kuliah termahal di Indonesia,

Institut Pertama di Blora Jawa Tengah

Menjadi IAI Khozinatul Ulum Blora, Bupati Blora : Institut Pertama di Blora
December 31, 2022 0 Comments 4 tags

Perubahan nama Sekolah Tinggi Agama Islam Khozinatul Ulum menjadi Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora didasarkan pada Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia dengan Nomor 1334 Tahun 2022, mendengar kabar baik