FHIK Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya Gelar Pameran IDE Desember Bertajuk Kanvas Putih. Dikutip dari beritajatim.com Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif (FHIK) menggelar pameran IDE Desember bertajuk Kanvas Putih di Galeri FHIK Universitas Kristen Petra Surabaya, selama tiga hari berturut-turut mulai 15-17 Desember 2022. Pameran kesenian ini merupakan kerjasama dari dua prodi di FHIK, yaitu Desain Komunikasi Visual / Visual Communication Design (VCD) dan Desain Tekstil dan Mode UK Petra.

“Ini merupakan kolaborasi berbagai mata pelajaran yang menghasilkan karya baik dalam bentuk 2D, 3D maupun busana. Total ada 120 karya yang dipamerkan secara atraktif,” kata Dosen Penanggung Jawab Deddi Duto Hartanto, Jumat (16/ 12/2022).

Di sana, pengunjung akan menikmati berbagai karya mahasiswa. Untuk VCD merupakan karya mata kuliah Komunikasi Ide Kreatif (KIK), Tipografi dan Prinsip Desain dan Elemen. Sedangkan untuk Desain Tekstil dan Mode menghadirkan karya-karya dari mata kuliah Komposisi Visual.

Deddi menjelaskan, KIK merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 5, salah satunya pameran gaya desain. Mengangkat tema potensi wisata Kota Surabaya, para mahasiswa diminta memadukan unsur gaya desain tertentu dengan potensi wisata Kota Surabaya.

“Jadilah masterpiece berupa media konvensional yang unik, mulai dari creative lampion, totebag hingga poster yang menampilkan Monumen Kapal Selam, Wisata Mangrove, Kebun Binatang Surabaya, Sentra Ikan Bulak dan lain-lain,” tambah Deddi.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga menampilkan karya unik yaitu karya Chalkboard Victorian Style. Yaitu memanfaatkan media jeruk nipis untuk menyampaikan kalimat-kalimat pesan motivasi yang sesuai dengan kondisi masyarakat. “Ada kurang lebih 50 karya yang terbuat dari kain linen hitam dengan media kapur,” ujarnya.

Masih dikutip dari beritajatim.com, pada mata kuliah Tipografi dan Prinsip Desain serta Elemen, akan ditampilkan poster-poster yang menunjukkan keterampilan dan kepekaan terhadap tipografi. Serta eksplorasi visual dengan motif, tekstur dan sensasi (mood) Indonesia.

Desain Komunikasi Visual UK. Petra (DKV UK Petra) sudah berdiri di 1998 di Surabaya. Cabang ilmu Desain Komunikasi Visual (DKV) ini merupakan perkembangan lanjutan dari seni iklan dan desain grafis. DKV merupakan perpaduan rasa, bahasa untuk pengungkapan ide/ pesan yang disampaikan melalui berbagai bentuk visual kepada penerima pesan. Bentuk dan media tidak hanya terbatas pada hasil cetak atau tampilan digital saja, namun juga sebagai strategi untuk mencapai penyampaian pesan yang efektif. Desainer komunikasi visual dituntut untuk menjadi problem solver dalam bidang desain dan komunikasi. DKV UK. Petra juga banyak menghasilkan lulusan yang bekerja di industri kreatif nasional.

Baca Juga : DPMD Bojonegoro dan Unesa Gelar Penguatan Kelembagaan Desa untuk Mahasiswa RPL

Sentuhan fashion di IDEsember tercermin dalam karya mahasiswa Desain Tekstil dan Mode. Berkolaborasi dengan band Dandelions asal Surabaya, para mahasiswa ditantang untuk membuat kostum dan aksesoris bergaya retro 70-an sesuai dengan ciri khas band.

Aksesoris berupa baju, celana, selendang (scarf), bucket hat, vest, sepatu dan aksesoris unik lainnya cocok dengan image Dandelions Band. “Kelompok ini akan dihibur dalam pameran sekaligus menggunakan karya mahasiswa secara langsung,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *