KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah program yang dilakukan oleh mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan menggunakan ilmu yang telah didapat di Kampus. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengawali rangkaian pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata-Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) angkatan ke-42 dengan kegiatan Pembekalan KKN-PPM selama tiga hari. Informasi dikutip dari krjogja dan humas UMBY.

Kegiatan KKN Semeter Gasal TA 2022/2023 kali ini diikuti 807 mahasiswa yang terbagi dalam 4 kategori KKN yaitu kategori Reguler sebanyak 52 kelompok di Kecamatan Semanu (Gunungkidul), KKN tematik 14 kelompok, penugasan khusus 7 kelompok dan kategori mandiri 5 kelompok. Demikian dikatakan Koordinator KKN-PPM UMBY sekaligus Kepala Bagian Pengabdian kepada Masyarakat Luky Kurniawan MPd, Jumat (30/12/2022).

Rektor UMBY, Dr Agus Slamet STP MP menyampaikan jika pelaksanaan KKN-PPM merupakan perwujudan pengabdian kepada masyarakat dan sarana belajar mengajar dari mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan selama berkuliah. Dengan begitu, diharapkan mahasiswa KKN bisa mengapalikasikan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan di masyarakat sekaligus terlibat aktif dalam upaya kegiatan pemberdayaan di masyarakat.

Kepala LLDIKTI wilayah V, Prof drh Aris Junaidi PhD menyatakan, selama pelaksanaan KKN, mahasiswa diharapkan menggunakan kemampuan basik program studinya. Karena sebagai kaum intelektual mahasiswa harus bisa memecahkan aneka masalah secara multidisiplin. Penerjunan KKN-PPM Semster gasal 22/23 pada angkatan 42 dilaksanakan selama satu bulan mulai 19 Januari-20 Februari 2023.

Tujuan dari pembekalan KKN adalah untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat menjalankan KKN dengan baik dan benar. Pembekalan KKN biasanya meliputi penjelasan tentang tujuan KKN, cara menyusun proposal dan laporan KKN, serta pentingnya partisipasi masyarakat dalam KKN. Selain itu, pembekalan KKN juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *