Tim robotik Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula berhasil mencatatkan prestasi nasional dengan berhasil melaju ke babak delapan besar dalam kategori Kontes Robot ABU Indonesia KRAI dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. Tim Robotik FTI Unissula menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang berhasil mencapai posisi delapan besar secara nasional.

Kontes Robot Indonesia diselenggarakan di Universitas Semarang bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusprenas Kemendikbud Ristek) pada tanggal 21-25 Juni 2023.

Unissula berhasil meloloskan tiga tim, yaitu tim robotik divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Tim Unissula berkompetisi dengan 136 tim lainnya yang terdiri dari total 620 peserta, dan melibatkan 136 pembina dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) dari seluruh Indonesia.

Dekan FTI Unissula, Dr. Novi Marlyana, mengungkapkan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh para mahasiswa kami di tingkat nasional. Tim Robotik merupakan salah satu prestasi unggulan dari FTI Unissula. Dia berharap agar prestasi ini dapat terus meningkat baik di tingkat nasional maupun internasional. Yang terpenting adalah keberlanjutan prestasi ini, yaitu dapat ditularkan kepada adik-adik kelas mereka sebagai regenerasi,” ungkapnya.

Tim Robotik FTI Unissula yang berhasil melaju ke tingkat nasional tahun ini adalah Robusa (KRAI), Saroseta (KRSTI), Botisa (KRTMI), dan tim robotik FTI lainnya.

Sementara itu, ketua pembimbing robotik FTI Unissula, Dr. Bustanul Arifin, menyatakan bahwa prestasi mahasiswa yang berhasil lolos ke babak delapan besar nasional merupakan peningkatan dari prestasi tahun sebelumnya ketika mereka berhasil lolos ke babak 16 besar dalam ajang lomba KRI 2022 di ITS Surabaya. “Kami berharap prestasi ini dapat semakin meningkat pada tahun mendatang,” ucap Bustanul.

Tim robotik Unissula ini diperkuat oleh para mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Dosen pembimbing yang terlibat adalah Dr. Bustanul Arifin, Dr. Eka Nuryanto Budi Susila, Dr. M. Khosyi’in, dan Andi Riansyah, MKom.

info via FB Unissula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Demonstrasi Mahasiswa di Gedung Berlian, Jateng, Menyoroti Kinerja Pemerintahan Jokowi

Demonstrasi Mahasiswa di Gedung Berlian, Jateng, Menyoroti Kinerja Pemerintahan Jokowi
October 27, 2023 0 Comments 17 tags

Puluhan mahasiswa menggelar demonstrasi di depan Gedung Berlian, yang juga dikenal sebagai Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 25 Oktober 2023. Gedung Berlian ini terletak di Jl. Pahlawan No.7,

Festival Hari Santri Tahun 2022 – SD IT Anak Sholeh

Festival Hari Santri Tahuh 2022
November 4, 2022 0 Comments 4 tags

Festival Hari Santri Tahun 2022 SD IT Anak Sholeh diadaakan pada Hari Jumat 4 November 2022 di Sekolah. SDIT ANAK SHOLEH SEDAYU merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dikelola Yayasan Mitra

Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB Sabet Juara 3 Lomba Smart City Gemastik

Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB Sabet Juara 3 Lomba Smart City Gemastik
October 14, 2023 0 Comments 20 tags

Mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB Raih Juara 3 Lomba Smart City Gemastik 2023 dengan Ide Integrasi Sampah dan Daur Ulang. Tim GAS, yang terdiri dari tiga mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB, meraih