Tim robotik Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula berhasil mencatatkan prestasi nasional dengan berhasil melaju ke babak delapan besar dalam kategori Kontes Robot ABU Indonesia KRAI dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. Tim Robotik FTI Unissula menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang berhasil mencapai posisi delapan besar secara nasional.

Kontes Robot Indonesia diselenggarakan di Universitas Semarang bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusprenas Kemendikbud Ristek) pada tanggal 21-25 Juni 2023.

Unissula berhasil meloloskan tiga tim, yaitu tim robotik divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Tim Unissula berkompetisi dengan 136 tim lainnya yang terdiri dari total 620 peserta, dan melibatkan 136 pembina dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) dari seluruh Indonesia.

Dekan FTI Unissula, Dr. Novi Marlyana, mengungkapkan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh para mahasiswa kami di tingkat nasional. Tim Robotik merupakan salah satu prestasi unggulan dari FTI Unissula. Dia berharap agar prestasi ini dapat terus meningkat baik di tingkat nasional maupun internasional. Yang terpenting adalah keberlanjutan prestasi ini, yaitu dapat ditularkan kepada adik-adik kelas mereka sebagai regenerasi,” ungkapnya.

Tim Robotik FTI Unissula yang berhasil melaju ke tingkat nasional tahun ini adalah Robusa (KRAI), Saroseta (KRSTI), Botisa (KRTMI), dan tim robotik FTI lainnya.

Sementara itu, ketua pembimbing robotik FTI Unissula, Dr. Bustanul Arifin, menyatakan bahwa prestasi mahasiswa yang berhasil lolos ke babak delapan besar nasional merupakan peningkatan dari prestasi tahun sebelumnya ketika mereka berhasil lolos ke babak 16 besar dalam ajang lomba KRI 2022 di ITS Surabaya. “Kami berharap prestasi ini dapat semakin meningkat pada tahun mendatang,” ucap Bustanul.

Tim robotik Unissula ini diperkuat oleh para mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Dosen pembimbing yang terlibat adalah Dr. Bustanul Arifin, Dr. Eka Nuryanto Budi Susila, Dr. M. Khosyi’in, dan Andi Riansyah, MKom.

info via FB Unissula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Polisi Jakarta Barat Cepat Bertindak: Pelajar Pengancam Satpam dengan Celurit Ditangkap

Polisi : Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Barat bersama Polsek Kalideres mengungkap kasus pelajar acungkan senjata tajam celurit ke satpam perumahan di daerah Jakarta Bara
November 13, 2023 0 Comments 7 tags

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Barat bekerja sama dengan Polsek Kalideres berhasil mengungkap kasus seorang pelajar yang mengancam seorang satpam dengan senjata tajam berupa celurit di daerah Jakarta

STIK Akan Berubah Menjadi Universitas Kepolisian Indonesia, Kapolri Berharap Menjadi Kampus Unggulan

STIK Akan Berubah Menjadi Universitas Kepolisian Indonesia, Kapolri Berharap Menjadi Kampus Unggulan
June 21, 2023 0 Comments 5 tags

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) akan diubah menjadi Universitas Kepolisian Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan bahwa STIK telah menerima surat rekomendasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Biaya Kuliah di Universitas Wijayakusuma Purwokerto (UNWIKU)

Biaya Kuliah di Universitas Wijayakusuma Purwokerto (UNWIKU)
August 21, 2023 0 Comments 5 tags

Tanggal 21 Agustus 2023, Universitas Wijayakusuma Purwokerto (UNWIKU): Transformasi Pendidikan Berkualitas di Jantung Purwokerto. Purwokerto, Jawa Tengah – Universitas Wijayakusuma Purwokerto, yang lebih dikenal dengan singkatan UNWIKU, telah menjelma menjadi