Foto Dari web bkd.surabaya.go.id

Kota Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur, adalah salah satu kota terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia. Selain menjadi pusat ekonomi dan pendidikan, Surabaya juga menarik banyak mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia yang datang untuk mengejar impian akademis mereka. Namun, seiring dengan keputusan untuk menuntut ilmu di kota ini, mahasiswa perlu memahami biaya hidup yang terkait dengan gaya hidup mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas estimasi biaya hidup rata-rata mahasiswa di Kota Surabaya dengan data pada tahun 2023.

Biaya Kost

Salah satu biaya terbesar yang harus dipertimbangkan oleh mahasiswa adalah biaya kost. Harga kost di Kota Surabaya bervariasi tergantung pada lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Rata-rata, biaya kost berkisar antara Rp. 250.000,- hingga Rp. 500.000,- per bulan. Beberapa kost mungkin menyediakan fasilitas tambahan seperti WiFi, AC, atau makanan, yang dapat memengaruhi harga. Mahasiswa perlu mencari kost yang sesuai dengan anggaran mereka dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga : Kunjungan Istimewa ke Grha Literasi Husada: Kolaborasi dan Inovasi di Poltekkes Surabaya

Biaya Makan

Biaya makan adalah bagian penting dari biaya hidup sehari-hari. Mahasiswa di Kota Surabaya memiliki banyak pilihan tempat makan, mulai dari warung makanan pinggir jalan hingga restoran mewah. Rata-rata, biaya makan bulanan untuk seorang mahasiswa berkisar antara Rp. 400.000,- hingga Rp. 600.000,-. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan makan dan preferensi pribadi. Memasak di rumah atau berbagi makanan dengan teman-teman juga dapat membantu menghemat biaya.

Biaya Transportasi

Biaya transportasi mencakup biaya perjalanan ke kampus, kegiatan sosial, dan tempat-tempat lain yang perlu dikunjungi. Mahasiswa di Surabaya dapat memilih antara berbagai moda transportasi seperti bus, angkutan kota, ojek online, atau bahkan berjalan kaki, tergantung pada lokasi tempat tinggal dan kegiatan mereka. Rata-rata, biaya transportasi bulanan berkisar antara Rp. 75.000,- hingga Rp. 150.000,-. Mahasiswa juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kartu transportasi umum untuk menghemat lebih banyak.

Baca juga : Ditutup 31 Agustus : Ini 7 Beasiswa Menarik untuk Calon Mahasiswa di UM Surabaya

Biaya Fotokopi dan Peralatan

Biaya fotokopi dan peralatan seperti pena, kertas, dan buku pelajaran adalah komponen penting dalam biaya hidup mahasiswa. Mahasiswa seringkali memerlukan fotokopi materi kuliah dan buku referensi. Biaya ini berkisar antara Rp. 75.000,- hingga Rp. 100.000,- per bulan, tergantung pada jumlah materi yang perlu diakses dan digunakan.

Biaya Peralatan Mandi dan Cuci Pakaian

Penting untuk menjaga kebersihan pribadi dan pakaian. Mahasiswa biasanya menghabiskan sekitar Rp. 150.000,- per bulan untuk peralatan mandi, deterjen, dan kebutuhan perawatan pribadi lainnya.

Biaya Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang penting dalam kehidupan mahasiswa. Biaya bulanan untuk paket data dan pulsa telepon biasanya berkisar antara Rp. 100.000,-. Mahasiswa dapat memilih provider yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Biaya Hiburan

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, adalah biaya hiburan. Mahasiswa juga harus memiliki waktu untuk bersantai dan bersenang-senang. Biaya hiburan bulanan bisa berkisar antara Rp. 50.000,-. Ini bisa digunakan untuk nonton bioskop, makan malam bersama teman-teman, atau menghadiri acara-acara kampus.

Dalam totalnya, biaya hidup rata-rata seorang mahasiswa di Kota Surabaya berkisar antara Rp. 1.000.000,- hingga Rp. 1.500.000,- per bulan. Namun, ini hanyalah perkiraan kasar dan biaya dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup dan prioritas individu. Mahasiswa yang bijak dalam mengelola keuangan mereka dan mencari cara untuk menghemat dapat menjalani kehidupan yang nyaman dan memuaskan di Kota Surabaya sambil mengejar pendidikan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *