Tahap awal mau masuk kuliah adalah memilih Jurusan atau program Studi yang tepat. Ada data dan ditulis di Detik tahun 2021 yang bisa dibaca : 87 Persen Mahasiswa RI Merasa Salah Jurusan, Apa Sebabnya? Memilih jurusan kuliah bukanlah tugas yang mudah, karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan jurusan yang tepat. Jurusan kuliah adalah bidang ilmu yang akan kita pelajari ke depannya dan dapat menentukan karier di masa depan.

Ada banyak bidang ilmu dan jurusan yang dapat diambil di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dikutip dari ehef.id, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang populer dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan:

  1. Teknik Teknik adalah salah satu bidang ilmu yang sangat populer dan banyak diminati di berbagai perguruan tinggi. Jurusan ini memiliki banyak cabang yang bisa didalami, seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil.
  2. Ilmu Komputer Di era digital saat ini, Ilmu Komputer menjadi salah satu jurusan yang sangat diminati oleh perusahaan. Mahasiswa akan mempelajari bidang yang berhubungan dengan komputer, informatika, sistem Informasi, teknologi dan informasi. Tak heran jika jurusan ini banyak diminati.
  3. Hukum Ilmu Hukum memiliki peran penting dalam suatu negara, karena ilmu yang diajarkan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, jurusan Hukum menjadi salah satu jurusan yang populer dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan.
  4. Bisnis Jurusan Bisnis akhir-akhir ini menjadi sangat populer di kalangan muda. Bisnis jadi salah satu jurusan primadona di kalangan calon mahasiswa baru. Ini ditunjukkan dengan tingginya angka pendaftar & ketatnya persaingan di beragam universitas/kampus setiap pendaftaran dibuka. Ilmu yang diajarkan dapat menjadi bekal bagi mereka yang tertarik untuk menjadi wirausahawan atau entrepreneurship. Prospek kerja untuk jurusan ini sangat luas dan dibutuhkan di banyak perusahaan untuk berbagai posisi seperti jurusan manajemen, jurusan akuntansi, pemasaran, pengembangan dan lain-lain.
  5. Ilmu Sosial Ilmu Sosial adalah salah satu jurusan dengan cabang ilmu yang luas. Jurusan ini berhubungan dengan budaya, politik, ekonomi, dan sejarah. Beberapa jurusan populer dalam Ilmu Sosial antara lain Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi dan Jurusan di Fakultas Ekonomi.

Baca juga : Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia?

Sementara sebagai pembanding lain menurut brainacademy.id (2023) menulis 20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan. Berikut 10 jurusan diantaranya :

  1. Jurusan Teknik Informatika
  2. Jurusan Teknik Elektro
  3. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan
  4. Jurusan Teknik Mesin
  5. Jurusan Teknik Biomedik
  6. Jurusan Ilmu Komputer
  7. Jurusan Sistem Informasi
  8. Jurusan Matematika
  9. Jurusan Statistika
  10. Jurusan Ilmu Ekonomi

baca juga : Ini Jurusan dan Rincian Biaya Pendidikan di STMIK IKMI Cirebon

Beda lagi dengan apa yang di tulis di Liputan6.com dengan judul : 7 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Paling Menjanjikan, Ada Jurusan Kamu? Berikut ini ada 7 jurusan paling prospek di dunia kerja :

  1. Kedokteran
  2. Ilmu Komunikasi
  3. Sistem Informasi
  4. Akuntansi
  5. Manajemen Bisnis
  6. Farmasi
  7. Ilmu Komputer

Setiap jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan bagi lulusannya. Itulah lima jurusan atau bidang ilmu kuliah yang populer dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan. Mau Kuliah reguler pagi atau kuliah sambil misal kerja sebagai kelas karyawan, apakah jurusanmu termasuk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Mahasiswa UC Davis 19 tahun lulus PhD, jadi anak termuda di dunia yang bergelar PhD

Mahasiswa UC Davis 19 tahun lulus PhD, jadi anak termuda di dunia yang bergelar PhD
October 16, 2023 0 Comments 3 tags

Dikutip dari KCRA Seorang mahasiswa UC (University of California) Davis berusia 19 tahun telah lulus dengan gelar PhD, menjadikannya orang termuda di dunia yang melakukannya. Abhinav Jain lulus dari program

Cek Jadwal SMM PTN-Barat 2023 Telah Dibuka ini 25 Universitas yang ikut

Cek Jadwal SMM PTN-Barat 2023 Telah Dibuka ini 25 Universitas yang ikut
May 8, 2023 0 Comments 6 tags

SMM PTN-Barat adalah singkatan dari Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat. Ini adalah seleksi mandiri yang diadakan oleh sejumlah perguruan tinggi negeri di wilayah barat Indonesia. Calon mahasiswa yang

DPMD Bojonegoro dan Unesa Gelar Penguatan Kelembagaan Desa untuk Mahasiswa RPL

DPMD Bojonegoro dan Unesa Gelar Penguatan Kelembagaan Desa untuk Mahasiswa RPL
November 4, 2022 0 Comments 3 tags

Dikutip dari website Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro menggelar Kerjasama Penguatan Kelembagaan Desa dalam rangka percepatan pencapaian SDGs Desa di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini bekerjasama