Mahasiswa KKN Tematik 20 UNIMAL Adakan Pelatihan Aplikasi Komputer Untuk Guru SDN 13 Dewantara

Mahasiswa KKN Tematik 20 Adakan Pelatihan Penggunaan Microsoft Word Untuk Guru SDN 13 Dewantara
January 21, 2023 0 Comments

Dikutipd ari web kampus (news.unimal.ac.id) diinformasikan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Malikussaleh Kelompok 20 adakan pelatihan penggunaan Aplikasi komputer bagi guru Sekolah Dasar Negeri 13 Dewantara, Aceh Utara, Jumat (20/1/23). Anggota KKN Young Yolvi, mengatakan jika kegiatan pelatihan diadakan untuk mendukung peningkatan pengetahuan bagi guru di SDN 13 Dewantara dan menggunakan mengenai software Microsoft Word.

“Pada pelatihan kali ini fokus Materi diberikan berupa bagaimana cara mengoperasikan Microsoft word guna membuat surat, yang disampaikan oleh pemateri dari mahasiswa Prodi Teknik informatika,”. Yolvi juga berharap kepada guru di SD ini dengan kegiatan pelatihan dapat lebih membantu dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaannya di sekolah mereka.

“Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi ini dipilih dilakukan karena masih banyaknya guru yang lupa ataupun yang kurang paham Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya dalam penggunaan Aplikasi Microsoft word dan powerpoint,” tambahnya.

Nuraina, salah seorang guru disana menyampaikan, sebelum dia ia sudah bisa menggunakan Microsoft word. “Dikarenakan dulu saya lulusan SMK, tetapi sekarang agak lupa dan Alhamdulillah sekarang sudah ingat walaupun sedikit-sedikit,” ujarnya.

Bagaimana cara membuat Surat yang baik?

Beriktu ini ada sedikti tips bagaimana cara membuat format surat yang baik meliputi, terutama terkait beberapa hal penting, di antaranya:

  1. Penggunaan bahasa tulis yang sopan dan formal, pemakaian bahasa yang baik dan sesuai dengan tata bahasa yang benar sangat penting dalam membuat surat, KBBI jadi acuaan dalam penulisan surat berbahasa Indonesia.
  2. Cara Penulisan yang jelas dan mudah dibaca, penulisan yang jelas, benar serta mudah dibaca akan memudahkan penerima surat untuk memahami isi surat tersebut.
  3. Penggunaan tata letak dan format yang baik akan membuat surat terlihat rapi profesional, nyaman dilihat dan dibaca lebih lanjut.
  4. Penyajian yang padat, jelas dan ringkas, harus ditulis dengan jelas dan ringkas sehingga penerima surat dapat memahami isi surat dengan lebih cepat.
  5. Penggunaan paragraf yang tertata dengan baik, penggunaan paragraf yang baik akan membuat surat lebih mudah dibaca dan dipahami, susun beberapa pagraf sesuai dengan tujuan surat.
  6. Penggunaan subjudul dapat membantu penerima surat untuk memahami topik yang dibahas dalam surat tersebut.
  7. Bagian Penutup yang sopan dan formal sangat penting dalam membuat surat, karena dapat meningkatkan profesionalitas surat.
  8. Penambahan tanda tangan sangat penting dalam membuat surat, karena dapat meningkatkan validitas dan keabsahan surat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *