Dikutipd ari web kampus (news.unimal.ac.id) diinformasikan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Malikussaleh Kelompok 20 adakan pelatihan penggunaan Aplikasi komputer bagi guru Sekolah Dasar Negeri 13 Dewantara, Aceh Utara, Jumat (20/1/23). Anggota KKN Young Yolvi, mengatakan jika kegiatan pelatihan diadakan untuk mendukung peningkatan pengetahuan bagi guru di SDN 13 Dewantara dan menggunakan mengenai software Microsoft Word.

“Pada pelatihan kali ini fokus Materi diberikan berupa bagaimana cara mengoperasikan Microsoft word guna membuat surat, yang disampaikan oleh pemateri dari mahasiswa Prodi Teknik informatika,”. Yolvi juga berharap kepada guru di SD ini dengan kegiatan pelatihan dapat lebih membantu dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaannya di sekolah mereka.

“Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi ini dipilih dilakukan karena masih banyaknya guru yang lupa ataupun yang kurang paham Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya dalam penggunaan Aplikasi Microsoft word dan powerpoint,” tambahnya.

Nuraina, salah seorang guru disana menyampaikan, sebelum dia ia sudah bisa menggunakan Microsoft word. “Dikarenakan dulu saya lulusan SMK, tetapi sekarang agak lupa dan Alhamdulillah sekarang sudah ingat walaupun sedikit-sedikit,” ujarnya.

Bagaimana cara membuat Surat yang baik?

Beriktu ini ada sedikti tips bagaimana cara membuat format surat yang baik meliputi, terutama terkait beberapa hal penting, di antaranya:

  1. Penggunaan bahasa tulis yang sopan dan formal, pemakaian bahasa yang baik dan sesuai dengan tata bahasa yang benar sangat penting dalam membuat surat, KBBI jadi acuaan dalam penulisan surat berbahasa Indonesia.
  2. Cara Penulisan yang jelas dan mudah dibaca, penulisan yang jelas, benar serta mudah dibaca akan memudahkan penerima surat untuk memahami isi surat tersebut.
  3. Penggunaan tata letak dan format yang baik akan membuat surat terlihat rapi profesional, nyaman dilihat dan dibaca lebih lanjut.
  4. Penyajian yang padat, jelas dan ringkas, harus ditulis dengan jelas dan ringkas sehingga penerima surat dapat memahami isi surat dengan lebih cepat.
  5. Penggunaan paragraf yang tertata dengan baik, penggunaan paragraf yang baik akan membuat surat lebih mudah dibaca dan dipahami, susun beberapa pagraf sesuai dengan tujuan surat.
  6. Penggunaan subjudul dapat membantu penerima surat untuk memahami topik yang dibahas dalam surat tersebut.
  7. Bagian Penutup yang sopan dan formal sangat penting dalam membuat surat, karena dapat meningkatkan profesionalitas surat.
  8. Penambahan tanda tangan sangat penting dalam membuat surat, karena dapat meningkatkan validitas dan keabsahan surat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Universitas PGRI Jogja (UPY) Bantu Desa Beji Ngawen Kembangkan Wisata Watu Gendong

Watu Gendong merupakan tempat wisata yang punya batu raksasa sakral. Tempat wisata ini berlokasi di kawasan Beji,
October 18, 2022 0 Comments 5 tags

Watu Gendong merupakan tempat wisata yang memiliki batu raksasa yang dikeramatkan. Tempat wisata ini terletak di kawasan Beji, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Watu Gendong berarti batu yang dibawa,

Kolaborasi Mahasiswa UNY dalam Mendukung Pembelajaran Kimia bagi Siswa Tunanetra

Kolaborasi Mahasiswa UNY dalam Mendukung Pembelajaran Kimia bagi Siswa Tunanetra
October 14, 2023 0 Comments 5 tags

Sejumlah mahasiswa S1 Pendidikan Kimia dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah berkolaborasi dalam proyek yang memungkinkan siswa tunanetra belajar kimia dengan menggunakan media pembelajaran berhuruf Braille. Inisiatif ini

Briket Ramah Lingkungan dari Limbah Bonggol Jagung

Pelatihan Pembuatan Briket untuk Kelompok Tani Di Desa Titiwangi dari KKN-PPM ITERA Kelompok 189. Pelatihan pembuatan briket bongggol jagung dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPM 189 di Titiwangi, Candipuro, Lampung Selatan
January 22, 2023 0 Comments 5 tags

Pelatihan Pembuatan Briket untuk Kelompok Tani Di Desa Titiwangi dari KKN-PPM ITERA Kelompok 189. Pelatihan pembuatan briket bongggol jagung dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-PPM 189 di Titiwangi, Candipuro, Lampung Selatan didampingi