Pada tahun 2023, Scimago merilis hasil pemeringkatan institusi di Indonesia dan Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil menempati posisi ke-3 dalam peringkat tersebut. Sebanyak 61 kampus di Indonesia ikut serta dalam pemeringkatan tersebut, di mana Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat kedua. Di posisi paling bawah, yaitu peringkat ke-61, terdapat Universitas Widyatama.

Rektor USK, Marwan, merasa bersyukur atas pencapaian ini dan menganggapnya sebagai motivasi untuk terus meningkatkan prestasi. Marwan juga mengungkapkan bahwa kesuksesan USK dalam mencapai peringkat tersebut tidak lepas dari beberapa faktor penting, salah satunya adalah publikasi dan penelitian yang menjadi fokus utama kampus tersebut.

baca juga : Peringkat Universitas versi Webometrics Indonesia 2023 – Edisi Awal tahun

Menurut Marwan, USK selalu mendorong dan membantu para dosen untuk terus melakukan penelitian yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi. Hal ini juga menjadi faktor yang memengaruhi reputasi USK di mata dunia dan dapat membantu kampus tersebut menuju status world class university.

Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil menempati posisi ke-3 Scimago 2023

baca Juga : Pengumuman Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2023 – Klasterisasi bukan pemeringkatan

Scimago Institutions Ranking merupakan pengklasifikasi lembaga akademik yang memperhitungkan tiga indikator, yaitu kinerja penelitian, inovasi, dan dampak sosial. Pemeringkatan ini dilakukan oleh Scimago bekerja sama dengan Elsevier, yang juga menerbitkan peringkat jurnal-jurnal di dunia melalui Scimago Journal Ranking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *