Kelompok 26 UMBY Mengadakan Sesi Psikoedukasi untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak dengan Fokus pada Asupan Gizi, Sebagai Langkah Pemutusan Rantai Stunting di Dusun Keblak, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul. KKN Kelompok 26 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Program Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kelompok KKN 26 dibawah bimbingan Dosen Imam Suharjo, ST.M.Eng ini dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis UPT Puskesmas I Semanu, menggelar kegiatan psikoedukasi bertema “Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Melalui Asupan Gizi yang Adekuat” dalam upaya pencegahan stunting. Acara ini berlangsung di Balai Dusun Keblak, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, pada hari Sabtu (05/08/2023).

Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan informasi kepada ibu-ibu dusun yang memiliki anak dan balita mengenai pentingnya pemenuhan asupan gizi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Asupan gizi yang seimbang diperlukan untuk memastikan anak tumbuh sehat, cerdas, dan aktif. Khususnya, ibu-ibu sebagai pendamping utama memiliki peran yang krusial dalam penyusunan menu makanan, pembelian bahan makanan, serta pemberian makanan kepada anak-anak mereka.

baca Juga 807 Mahasiswa UMBY Ikuti Pembekalan KKN-PPM 2022/2023

Kepala Puskesmas I Semanu, Bapak Arif Budiyanto, turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Beliau memaparkan materi mengenai Tumbuh Kembang Anak dan pentingnya Asupan Gizi untuk anak-anak, termasuk penjelasan terkait stunting. Dalam pemaparannya, Bapak Arif Budiyanto menekankan bahwa periode usia 0-6 tahun merupakan masa penting dalam perkembangan anak, terutama dalam pembentukan jaringan otak. Oleh karena itu, pemenuhan asupan gizi yang adekuat pada periode ini sangatlah krusial.

Selanjutnya, anggota Kelompok 26, Siti Azzahra Aulia Febrianti, menyampaikan materi tentang Manajemen Stress pada Ibu Rumah Tangga dengan fokus pada aspek psikologis. Penjelasan ini mengarah pada cara-cara pola asuh ibu yang dapat mendukung pemenuhan kebutuhan gizi anak. Siti Azzahra berharap bahwa melalui kegiatan psikoedukasi ini, para orang tua di Dusun Keblak akan lebih peka terhadap pentingnya peran mereka dalam memastikan tumbuh kembang optimal anak-anak serta menjaga keseimbangan asupan gizi.

Baca Juga : Mahasiswa UGM Mengembangkan Solusi Deteksi Dini Stunting dengan IoT

Dengan dihadiri oleh 25 peserta, kegiatan psikoedukasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik kepada para orang tua mengenai pentingnya pemenuhan asupan gizi yang seimbang dan peran mereka dalam mencegah stunting. Dengan upaya bersama, diharapkan Dusun Keblak dapat menjadi lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak secara optimal, mewujudkan generasi yang tangguh dan cerdas di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Suasana Kebersamaan dan Kreativitas: Iftar Ramadhan di UNPAB

Suasana Kebersamaan dan Kreativitas Iftar Ramadhan di UNPAB
April 17, 2024 0 Comments 6 tags

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) menyelenggarakan acara Iftar Ramadhan di parkiran utama Gedung A UNPAB. Selain sebagai ajang berbuka puasa bersama, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Hadir

Wisuda Sarjana XLVI dan Pascasarjana XXI UMBY Periode Mei Tahun 2023

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Melakukan Wisuda Sarjana XLVI dan Pascasarjana XXI Periode Mei Tahun 2023
May 27, 2023 0 Comments 6 tags

Yogyakarta, 27 Mei 2023 – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan bangga mengumumkan bahwa Wisuda Sarjana XLVI dan Pascasarjana XXI telah sukses diselenggarakan pada Sabtu, 27 Mei 2023. Acara ini

Pemecatan Mengejutkan: Sam Altman dan Greg Brockman Keluar dari Pusat Kepemimpinan OpenAI

openAI Chat GPT Pergantian Sam Altman terkait dengan proses peninjauan yang sengaja dilakukan oleh dewan
November 18, 2023 0 Comments 9 tags

Siapa yang tidak kenal dengan ChatGPT aatu chat OpenAI, banyak mahasiswa dan juga dosen menggunakan ChatGPT ini. Terkait OpenAI ini dengan tiba-tiba, dewan direksi OpenAI, pembuat chatbot ChatGPT, memutuskan untuk