Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Memperkuat Kerjasama di Bidang Pendidikan Psikologi. Yogyakarta, 31 Mei 2023 – Dalam langkah penting untuk meningkatkan kemitraan akademik, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) baru-baru ini menyambut kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Jumat, 26 Mei 2023. Kunjungan tersebut merupakan implementasi Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Psikologi UMBY dan Fakultas Psikologi UMM yang ditandatangani pada Jumat, 24 Maret 2023.

Dibawah pimpinan Dekan Fakultas Psikologi UMM, M. Salis Yuniardi, S.Psi, . M.Psi, Ph.D., delegasi UMM diterima dengan hangat oleh Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., Rektor UMBY. Turut hadir untuk menyambut delegasi tersebut adalah Reny Yuniasanti, S. Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog, Dekan Fakultas Psikologi UMBY, dan tim masing-masing. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung Rektorat Kampus 1 UMBY, yang terletak di Jalan Raya Wates Sedayu Bantul.

Dalam sambutannya, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., Rektor UMBY menyambut hangat kunjungan UMM dan berharap pertemuan ini akan membawa manfaat bagi pengembangan kedua institusi.

“PTS yang umum merupakan kepanjangan dari perguruan tinggi swasta, tapi bagi kami juga menyebutnya perguruan tinggi sahabat yang artinya sesama perguruan tinggi swasta harus saling bekerjasama dan mendukung untuk perkembangan di institusi masing-masing. Harapannya semoga kerjasama ini bisa bermanfaat terutama dalam tri dharma perguruan tinggi dengan melakukan implementasi yang nyata,” kata Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P.

Reny Yuniasanti, S. Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog, selaku Dekan Fakultas Psikologi UMBY juga mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan UMM dan terwujudnya kerjasama ini.

“Kami merasa sangat senang atas kunjungan ini. Kita sebagai sesama perguruan tinggi swasta, prodi yang sama, mahasiswa juga sama-sama banyak dan UMM juga banyak prestasi yang luar biasa. Kami berharap bisa belajar banyak dengan diskusi dalam menghadapi permasalahan dan berbagai tuntutan terutama tentang pendirian profesi psikologi. Semoga setelah ini kita sama-sama bisa mengimplementasikan melalui kegiatan lain lagi yang bermanfaat untuk masing-masing institusi dan menunjang akreditasi,” ungkap Reny Yuniasanti, S. Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog.

Demikian juga, M. Salis Yuniardi, S.Psi, . M.Psi, Ph.D., selaku Dekan Fakultas Psikologi UMM, menyampaikan kegembiraannya karena diterima dengan hangat oleh UMBY. Salis Yuniardi setuju bahwa perguruan tinggi swasta harus saling bekerjasama dan mendukung.

“Sebagai sesama perguruan tinggi swasta, kita bisa saling belajar karena kita menghadapi masalah dan tantangan yang sama. Terutama tentang MBKM, pendirian profesi psikologi, diskusi tentang pengembangan lab, pengelolaan administrasi, dan sebagainya. Semoga pertemuan ini bisa membawa banyak manfaat bagi institusi kita bersama,” ungkap M. Salis Yuniardi, S.Psi, . M.Psi, Ph.D.

Kunjungan dan kerjasama antara UMBY dan UMM di bidang pendidikan psikologi diharapkan dapat memperkuat kemitraan yang lebih kuat, memungkinkan kedua institusi untuk unggul dalam pencapaian akademik masing-masing dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan pendidikan psikologi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *