Foto : Fathul Wahid, Rektor Universitas Islam Indonesia (web uii.ac.id)

Surat tersebut tampaknya ditulis oleh Fathul Wahid, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah V Yogyakarta dan Rektor Universitas Islam Indonesia, kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A). Dalam surat ini, Fathul Wahid menyampaikan beberapa perhatian dan permohonan terkait perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Isi surat meliputi:

  1. Pengenalan dan Penghargaan: Surat dimulai dengan pengenalan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta penghargaan terhadap peran pentingnya dalam kemajuan pendidikan nasional.
  2. Gelisah tentang Perkembangan Pendidikan Tinggi: Fathul Wahid menyatakan kegelisahannya tentang perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.
  3. Jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta: Dia mengidentifikasi bahwa ada lebih dari 100 PTS di Yogyakarta.
  4. Apresiasi terhadap Kampus Merdeka: Dia mengapresiasi upaya pemerintah, terutama ide Kampus Merdeka, yang telah mengubah lanskap pendidikan tinggi.
  5. Kekhawatiran terhadap Konsekuensi Tidak Diinginkan: Fathul Wahid menyatakan bahwa kebijakan seperti Kampus Merdeka mungkin memiliki konsekuensi tidak diinginkan yang perlu diperhatikan.
  6. Proporsi Dana untuk PTN BH: Dia berbicara tentang proporsi dana yang diterima oleh Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dan kekhawatiran tentang keterbatasan dana pemerintah.
  7. Kekhawatiran tentang PTN BH yang Menarik Dana PTS: Fathul Wahid mengungkapkan kekhawatiran bahwa beberapa PTN BH mungkin menarik dana dari PTS untuk bekerja sama.
  8. Pembukaan Pintu 50% Mahasiswa Baru melalui Jalur Mandiri: Dia mengungkapkan kekhawatiran tentang dampak dari kebijakan membuka pintu 50% mahasiswa baru melalui jalur mandiri.
  9. Permintaan Tutup Penerimaan Mahasiswa Baru di Akhir Juli: Fathul Wahid menyebut bahwa banyak PTS harus memundurkan batas akhir penerimaan mahasiswa baru dan meminta para pimpinan PTN untuk menutup penerimaan mahasiswa baru di akhir Juli.
  10. Fokus pada Pendidikan Tingkat Magister dan Doktor: Dia menyatakan bahwa PTN dapat fokus pada pendidikan tingkat magister dan doktor.
  11. Permohonan Batasi Proporsi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri: Permintaan untuk membatasi proporsi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur mandiri.
  12. Peran Penting PTS dalam Penyebaran Pendidikan: Dia menekankan bahwa PTS menjangkau seluruh pelosok negeri dan memberikan layanan pendidikan tinggi yang penting.
  13. Kesimpulan dan Harapan: Surat diakhiri dengan penegasan bahwa surat ini ditulis untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia dan cinta terhadap bangsa.
  14. Doa dan Salam: Fathul Wahid mendoakan kemudahan bagi Menteri dan semua jajaran pemerintah serta mengirimkan salam takzim.

Baca juga : UIII Fokus Pembangunan Kampus di Lahan Zona Hijau dan Putih

Surat tersebut menggambarkan perhatian yang mendalam terhadap perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia, terutama dalam konteks perguruan tinggi swasta di Yogyakarta.

Selengkapnya surat ini bisa dibaca di : www.republika.id/posts/47203/surat-cinta-pts-yogyakarta-untuk-mas-menteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Ini Jumlah Target Kerjasama Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Direktur Teknologi, Informasi, Komunikasi, dan Kerja Sama, Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., dalam acara Sosialisasi Target Capaian Bidang Kerja Sama UNESA yang diselenggarakan pada hari Rabu, 17 Mei 2023
May 19, 2023 0 Comments 7 tags

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki target yang tinggi dalam bidang kerja sama dengan penekanan pada kuantitas dan hasil yang dicapai. Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peringkat Universitas Di Indonesia 2024 – Versi Webometrics Edisi Januari/Maret 2024

Peringkat Universitas Di Indonesia 2024 – Versi Webometrics Edisi JanuariMaret 2024
March 8, 2024 0 Comments 5 tags

Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, pemeringkatan universitas menjadi salah satu tolok ukur penting dalam menilai kualitas dan reputasi perguruan tinggi. Pada bulan Januari/Maret 2024, Webometrics, sebuah lembaga pemeringkatan

UIII Fokus Pembangunan Kampus di Lahan Zona Hijau dan Putih

UIII Fokus Pembangunan Kampus di Lahan Zona Hijau dan Putih
August 5, 2023 0 Comments 3 tags

Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) akan segera melanjutkan pembangunan kampus dengan fokus pada lahan yang masuk dalam kategori Zona Hijau dan Zona Putih. Kepala Pemberdayaan Aset UIII PTNBH, Syafrizal, menyatakan