Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM), Dahliana Hasan, mengungkapkan keprihatinannya terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), sekaligus Guru Besar Hukum Pidana FH UGM, Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej. Dahliana Hasan menyatakan bahwa UGM menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus ini kepada pihak berwajib untuk proses hukum lebih lanjut. Pernyataan tersebut disampaikan pada Jumat (10/11/2023).

Dahliana menekankan bahwa Eddy Hiariej dianggap sebagai salah satu kader terbaik yang dimiliki oleh UGM. Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej, S.H., M.Hum., merupakan seorang akademisi dan Guru Besar Ilmu Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Pada tanggal 23 Desember 2020, Eddy Hiariej dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2020-2024.

Baca Juga : Demonstrasi Mahasiswa di Gedung Berlian, Jateng, Menyoroti Kinerja Pemerintahan Jokowi

Dahliana mengungkapkan bahwa UGM merasa prihatin melihat kader terbaiknya terlibat dalam masalah hukum. Sebelumnya, Eddy Hiariej telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wamenkumham diduga menerima suap terkait sengketa akta perusahaan tambang melalui rekening stafnya, sementara nilai dugaan kasus gratifikasi mencapai Rp1 miliar.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengonfirmasi status hukum Eddy Hiariej dalam konferensi pers pada Kamis (9/11/2023) malam. Marwata menyatakan bahwa Eddy dijerat dengan Pasal Suap dan Gratifikasi UU Tindak Pidana Korupsi. Terdapat empat tersangka dalam kasus ini, namun Marwata belum mengungkapkan identitas tiga tersangka lainnya. Menurutnya, tiga tersangka tersebut diduga sebagai penerima suap dan gratifikasi, sementara satu pihak lainnya merupakan terduga pemberi suap.

Eddy Hiariej sebelumnya telah diperiksa oleh penyidik KPK terkait kasus yang dilaporkan oleh Ketua Indonesia Police Watch (IPW). Pada saat itu, Eddy membantah tudingan menerima suap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Simbol Semangka, Bagaimana Buah Ini Menyuarakan Dukungan untuk Palestina

Simbol Semangka, Bagaimana Buah Ini Menyuarakan Dukungan untuk Palestina
November 7, 2023 0 Comments 20 tags

Arti dan Signifikansi dari Simbol Semangka yang Viral di Berbagai Negara Belakangan ini, semangka telah menjadi simbol dukungan yang sangat populer bagi Palestina dalam konfliknya dengan Israel. Warna-warna pada buah

Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia?

Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia fokuskampus.com
October 13, 2023 0 Comments 12 tags

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup. Selain harus sesuai dengan minat dan bakat, biaya kuliah juga perlu dipertimbangkan. Berikut adalah 7 jurusan kuliah termahal di Indonesia,

Peringkat 1-200 Universitas di Indonesia versi Webometrics Juli 2023

Peringkat 1-200 Universitas di Indonesia versi Webometrics Juli 2023
July 30, 2023 0 Comments 3 tags

Berikut ini daftar nama Universitas yang masuk peringkat 1-200 dari 3284 Perguruan Tinggi / Sederajat termasuk Universitas di Indonesia versi Webometrics yang rilis di Bulan Juli Tahun 2023. Webometrics masih