Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM), Dahliana Hasan, mengungkapkan keprihatinannya terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), sekaligus Guru Besar Hukum Pidana FH UGM, Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej. Dahliana Hasan menyatakan bahwa UGM menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus ini kepada pihak berwajib untuk proses hukum lebih lanjut. Pernyataan tersebut disampaikan pada Jumat (10/11/2023).

Dahliana menekankan bahwa Eddy Hiariej dianggap sebagai salah satu kader terbaik yang dimiliki oleh UGM. Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej, S.H., M.Hum., merupakan seorang akademisi dan Guru Besar Ilmu Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Pada tanggal 23 Desember 2020, Eddy Hiariej dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2020-2024.

Baca Juga : Demonstrasi Mahasiswa di Gedung Berlian, Jateng, Menyoroti Kinerja Pemerintahan Jokowi

Dahliana mengungkapkan bahwa UGM merasa prihatin melihat kader terbaiknya terlibat dalam masalah hukum. Sebelumnya, Eddy Hiariej telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wamenkumham diduga menerima suap terkait sengketa akta perusahaan tambang melalui rekening stafnya, sementara nilai dugaan kasus gratifikasi mencapai Rp1 miliar.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengonfirmasi status hukum Eddy Hiariej dalam konferensi pers pada Kamis (9/11/2023) malam. Marwata menyatakan bahwa Eddy dijerat dengan Pasal Suap dan Gratifikasi UU Tindak Pidana Korupsi. Terdapat empat tersangka dalam kasus ini, namun Marwata belum mengungkapkan identitas tiga tersangka lainnya. Menurutnya, tiga tersangka tersebut diduga sebagai penerima suap dan gratifikasi, sementara satu pihak lainnya merupakan terduga pemberi suap.

Eddy Hiariej sebelumnya telah diperiksa oleh penyidik KPK terkait kasus yang dilaporkan oleh Ketua Indonesia Police Watch (IPW). Pada saat itu, Eddy membantah tudingan menerima suap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Perjalanan Inspiratif Jepri Ali Saipul: Dari Keterbatasan Menuju Kesuksesan Dosen Bahasa Inggris dengan Kisah Sukses Mengejutkan

epri Ali Saipul, seorang Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya)
June 28, 2023 0 Comments 6 tags

Jepri Ali Saipul, seorang Dosen Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), baru-baru ini menyelesaikan studi S3 doktor di College of Social Sciences, National Sun Yat-Sen University Taiwan.

Prodi Pendidikan Matematika UMBY peroleh Akreditasi Unggul

November 14, 2022 0 Comments 6 tags

Prodi Pendidikan Matematika jeniang S1 di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil memperoleh nilai akreditasi ‘Unggul’ berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan No 578/SK/LAMDIK/AK/S/XI/2022.

DPMD Bojonegoro dan Unesa Gelar Penguatan Kelembagaan Desa untuk Mahasiswa RPL

DPMD Bojonegoro dan Unesa Gelar Penguatan Kelembagaan Desa untuk Mahasiswa RPL
November 4, 2022 0 Comments 3 tags

Dikutip dari website Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro menggelar Kerjasama Penguatan Kelembagaan Desa dalam rangka percepatan pencapaian SDGs Desa di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini bekerjasama