Dalam upaya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru dan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunas Kasih Sedayu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Eco-print pada hari Rabu, 8 November 2023, di Sekolah SLB Tunas Kasih Sedayu. SLB Tunas Kasih Sedayu didirikan oleh Yayasan Tunas Kasih, sekolah ini merupakan lembaga swasta dengan yayasan yang telah berdiri sejak lama. Menyediakan pendidikan dari kelas 1 hingga kelas 12, SLB Tunas Kasih Sedayu berlokasi di Sedayu, Bantul hampir di perbatasan dengan Sentolo, Kulon progo, DIY.

Peserta kegiatan ini melibatkan 6 guru dan 9 siswa setingkat SMP dan SMA dari SLB Tunas Kasih Sedayu. Pemateri berasal dari Dosen Informatika UMBY, yaitu Imam Suharjo, Putry Wahyu Setyaningsih, dan Indah Susilawati. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan secara online dengan melibatkan guru dan siswa SLB Tunas Kasih Sedayu, serta guru dan siswa SMK Muhammadiyah 2 Tempel Sleman.

Koordinasi untuk kegiatan praktek di sekolah telah dimulai sejak awal September 2023. Pelaksanaan pelatihan Eco-print disepakati dan dilaksanakan di Sekolah SLB Tunas Kasih Sedayu, dimulai jam 9 hingga 12 WIB.

Baca juga : Mahasiswa UMBY Berkarya: KARELIN, Camilan Kacang yang Menyehatkan

Acara dimulai dengan pembukaan di ruang kelas sekolah, yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SBL Tunas Kasih Sedayu, Pak Yuli Purwanto, S.Pt. Pak Yuli menyampaikan ucapan terima kasih kepada UMBY atas usulan dan pelaksanaan kegiatan ini.

Ketua tim pengabdian, Imam Suharjo, memberikan sambutan dan materi awal tentang Eco-print, termasuk gambaran umum, manfaat, potensi, peluang, dan jenis-jenisnya. Materi disampaikan melalui layar proyektor dengan perhatian khusus terhadap dua siswa bisu-tuli yang dibantu penerjemah dari guru sekolah.

Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi dalam mencari informasi relevan terkait Eco-print. Cara menemukan sumber belajar yang sesuai, mencari pangsa pasar, dan mencari bahan untuk membuat Eco-print yang dijual online menjadi fokus dalam sesi ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek pembuatan Eco-print di SLB Tunas Kasih Sedayu menggunakan teknik pounding. Proses ini melibatkan mentransfer motif ke kain dengan cara bahan alami dipukul-pukul menggunakan palu. Material yang digunakan diambil dari sekitar sekolah, seperti daun dan bunga. Mahasiswa yang telah membantu dalam program pengabdian ini adalah : Amrul Letsoin, Ibnu Rivansyah dan Miftah Faozi, semua mahasiswa ini dari prodi Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

baca Juga : Anang Sulistio, Pustakawan Loka Ghana SMAN 1 Sedayu, Raih Gelar Peserta Terbaik GTK Inovatif DIY 2023

Pada akhir kegiatan sekitar pukul 12.00 WIB, Kepala Sekolah menyampaikan rasa terima kasih kepada semua peserta dan pemateri. Beliau menyatakan bahwa teknik ini sangat bermanfaat dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, siswa diharapkan dapat mencoba sendiri menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar rumah.

Kepala Sekolah juga menyampaikan keterbukaan terhadap peluang kerjasama pengabdian dari berbagai pihak di sekolah ini dalam berbagai bidang. Semua kegiatan berjalan sesuai rencana dan diakhiri dengan antusiasme tinggi dari guru dan siswa. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan memberdayakan peserta untuk lebih aktif dalam mengembangkan keterampilan mereka di bidang Eco-print.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

KKN UMBY : Psikoedukasi Meningkatkan Motivasi Anak dan Remaja, Kasus Putus Sekolah di Dusun Cempluk

Ketika memasuki dunia perguruan tinggi, banyak di antara kita dihadapkan pada pertanyaan penting: "Jurusan apa yang sebaiknya saya pilih?" Salah satu pilihan yang populer dan relevan adalah jurusan manajemen. Mengapa demikian?
August 22, 2023 0 Comments 4 tags

Wilayah Gunungkidul, kecamatan Semanu, kelurahan Pacarejo, Dusun Cempluk masing – masing memiliki permasalahan dan potensi berbeda yang dapat dikembangkan. Salah satunya adalah terkait Psikoedukasi.

Pengumuman SNBP/SNMPTN 2024: Kapan Rilisnya dan Cara Memeriksanya

Sinergi Pendidikan Seni FIK Ubaya dan ISI Jogja Menyongsong Masa Depan
March 8, 2024 0 Comments 7 tags

Saat ini, para siswa yang memenuhi syarat hanya perlu menanti pengumuman SNBP 2024. Pengumuman ini dijadwalkan akan disampaikan pada tanggal 26 Maret 2024. Jumlah total pendaftar SNBP tahun ini mencapai

21 Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta Menurut UniRank 2023

Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta Menurut UniRank 2023
June 15, 2023 0 Comments 6 tags

UniRank, lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, baru saja merilis daftar peringkat universitas swasta terbaik di Yogyakarta untuk tahun 2023. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak perguruan tinggi swasta yang terkenal, dan beberapa