“Seperti naik sepeda, hidup memerlukan keseimbangan dan terus maju.” Ungkapan ini mencerminkan semangat SMPN 4 Pakem dalam meraih prestasi, konsisten mempertahankan gelarnya, bahkan meraih prestasi baru yang gemilang. SMP Negeri 4 Pakem dikenal dengan julukan “Sekolah Berkarakter Juara”, bukan hanya karena keunggulan akademisnya tetapi juga karakter siswanya.

SMPN 4 Pakem terus mengembangkan peserta didiknya melalui inovasi layanan sekolah, salah satunya adalah program literasi aksara Jawa digital (Laksita) yang diakui oleh pemerintah kabupaten Sleman. Program ini memberikan pelayanan komprehensif dalam penerapan nilai-nilai budaya Jawa kepada seluruh siswa, mulai dari literasi membaca bahasa Jawa hingga pengembangan kesusastraan Jawa, dengan menggunakan media iPad sebagai basisnya.

Prestasi dari program Laksita terbukti melalui kemenangan tim gladhi kawruh dan ngudhar tembang dari SMPN 4 Pakem dalam kejuaraan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman pada Rabu, 17 Januari 2024. Tim ini berhasil meraih juara 1, sebuah prestasi yang diraih melalui persiapan matang dan semangat yang tinggi oleh Hilda Shierly Rahmawati (9C), Amirah Rasyida Salma Insani (7B), dan Griselda Joza Azkadina (7B). Keberhasilan ini adalah hasil langsung dari pembiasaan karakter yang dijalankan di SMPN 4 Pakem, seperti penggunaan bahasa Jawa dan unggah-ungguh yang menjadi bagian dari Pendidikan Khas Kejogjaan.

Bagi Shierly dan timnya, kemenangan tidak hanya tentang keberanian untuk mencoba tetapi juga tentang persiapan dan kerja keras. Meskipun awalnya meragukan kemungkinan meraih juara karena timnya yang baru dan waktu persiapan yang terbatas, tetapi dengan semangat dan latihan yang intens, mereka berhasil meraih prestasi tertinggi. Kebahagiaan mereka ketika mendengar pengumuman sebagai juara 1 tak terkatakan, dan itu menjadi bukti bahwa keberanian, persiapan, dan kepercayaan pada diri sendiri dan tim adalah kunci menuju kemenangan.

Prestasi dan Keseimbangan Cerminan Karakter SMPN 4 Pakem
Prestasi dan Keseimbangan Cerminan Karakter SMPN 4 Pakem, Foto: Penerimaan trofi kejuaraan oleh Shierly, Amirah, dan Griselda Joza diserahkan oleh Ibu Supraptiningsih (Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman).

Pesan dari kisah ini adalah bahwa kekalahan bukanlah akhir segalanya, tetapi hanya menunda kemenangan. Yang penting adalah terus belajar dan percaya pada potensi diri serta tim, karena hanya dengan itu kita bisa menjadi juara sejati. Selamat kepada tim gladhi kawruh dan ngudhar tembang dari SMPN 4 Pakem atas prestasinya!

Info via : https://smpn4pakem.sch.id/wp/lagilagi-dan-lagi-smp-4-pakem-juara-i-gladhi-kawruh-dan-ngudhar-tembang-tahun-2024/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Peringkat 1-200 Universitas di Indonesia versi Webometrics Juli 2023

Peringkat 1-200 Universitas di Indonesia versi Webometrics Juli 2023
July 30, 2023 0 Comments 3 tags

Berikut ini daftar nama Universitas yang masuk peringkat 1-200 dari 3284 Perguruan Tinggi / Sederajat termasuk Universitas di Indonesia versi Webometrics yang rilis di Bulan Juli Tahun 2023. Webometrics masih

Mengapa Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi Tinggi dan Relevan Hingga Kini

Teknologi berkonsep Society 5.0
March 18, 2023 0 Comments 5 tags

Banyak orang menganggap sepele bagi mereka yang menempuh pendidikan Kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi karena dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebagai makhluk sosial melakukan proses komunikasi. Namun, pada praktiknya tidaklah semudah

Solusi Manajemen Gadget Anak: Tim PkM UMBY Perkenalkan Aplikasi Parental Control

Solusi Manajemen Gadget Anak Tim PkM UMBY Perkenalkan Aplikasi Parental Control
July 27, 2023 0 Comments 6 tags

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah memperkenalkan dan memberikan pelatihan tentang aplikasi parental control kepada pengajar dan beberapa wali siswa di TKIT Mekar Insani Yogyakarta.