Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (ILKOMM), Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan sosialisasi yang diberi nama “Bijak Digital” dengan upaya untuk meningkatkan kecakapan literasi digital pada siswa siswi SMPN 1 Depok (Senin, 11/6/24).

Kegiatan ini berlangsung di ruang kelas 8D SMPN 1 Depok, Sleman dengan jumlah peserta 28 siswa. Dalam kegiatan ini tim sosialisasi terdiri dari 11 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UMBY. Dosen Pengampu Mata Kuliah Kapita Selekta, Thibburruhany, M.Sos, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBY dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Di era digital saat ini, literasi digital menjadi sebuah kecakapan yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Memahami hal tersebut, tim pelaksana yang diberi nama kelompok Bijak Digital menganggap sosialisasi literasi digital memiliki urgensi dan perlu untuk dilakukan khususnya kepada peserta didik.

Mahasiswa FIKOMM UMBY Gelar Sosialisasi Literasi Digital Di SMPN 1 Depok
Mahasiswa FIKOMM UMBY Gelar Sosialisasi Literasi Digital Di SMPN 1 Depok, Senin 11 Juni 2024

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Pak Agus, selaku guru sekaligus wali kelas 8D. Kemudian dilanjutkan oleh Eka Anggriani Pramudita selaku ketua tim Bijak Digital dengan menyapa para siswa siswi dan memberikan sambutan serta membuka sesi perkenalan antara anggota dan siswa-siswi.

Dalam kegiatan ini, penyampaian materi dilakukan oleh Yohanes Soreth dan Eka Anggraini Pramudita meliputi berbagai aspek penting literasi digital, seperti, Pengertian dan Penggunaan media digital dalam kehidupan sehari-hari, Pentingnya literasi digital di era sekarang ini, Mencari informasi yang akurat dan terpercaya di internet, Menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab, Menghindari cyberbullying, dan penipuan online, Pentingnya menjaga privasi di internet, Cara terhindar dari hoaks dan penipuan online, Etika Literasi Digital dan bagaimana pemanfaatan teknologi digital yang tepat untuk pembelajaran.

Baca juga : HIMAKA UMBY Mengundang Semua untuk Seminar Nasional tentang Keamanan Siber

Dalam sosialisasi, tim menjelaskan betapa pentingnya pemahaman literasi digital. Serta cara memanfaatkan media digital dengan baik sesuai dengan etika yang berlaku. Hal yang juga penting untuk dipahami agar siswa siswi tidak mudah percaya dengan berita atau informasi yang tersebar di internet atau media sosial. Dibutuhkan riset atau pencarian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi benar apa tidaknya informasi tersebut, untuk dapat memastikan bahwa berita yang diperoleh adalah benar dan bukan hoax.

Kegiatan ini memberikan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang literasi digital dan bagaimana memanfaatkan internet serta media digital untuk keperluan sekolah atau pembelajaran dengan bijak, Ungkap salah satu siswa. Sosialisasi literasi digital ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari tim Bijak Digital untuk meningkatkan kecakapan literasi digital siswa SMPN 1 Depok. Diharapkan selanjutnya kegiatan sosialisasi seperti ini atau kegiatan edukatif lainnya akan terus dilakukan untuk membantu para siswa agar bijak dan siap menghadapi tantangan di era digital.

Baca Juga : Klaster Utama: UMBY Sabet Prestasi dalam Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Setelah penyampaian sosialisasi dan diskusi, selanjutnya tim mengadakan Ice Breaking sekaligus tes pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan seputar materi sosialisasi. Dalam Ice Breaking ini siswa siswi bernyayi sembari melempar bola dan siswa yang mendapatkan bola terakhir ketika lagu berhenti yang kemudian akan menjawab pertanyaan.

Sebelum menutup kegiatan tim memberikan kenang-kenangan berupa gantungan kunci bertuliskan “Bijak Digital” kepada masing-masing siswa. Serta penyerahan plakat kepada pihak sekolah dan sesi foto Bersama.

Penulis : Faiq Rivaldy, Yohanes Soreth Renaldi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Desa Wisata Tepus dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung Menggelar Pelatihan Branding Digital

Desa Wisata Tepus dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung Menggelar Pelatihan Branding Digital
May 9, 2024 0 Comments 7 tags

Kerjasama antara Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata NHI Bandung, dan Desa Wisata Tepus menjadi momentum penting dalam pengembangan desa tersebut. Salah satu kegiatan kolaboratif yang menarik

Biaya Hidup di Kota Surabaya: Panduan untuk Mahasiswa

Biaya Hidup di Kota Surabaya Panduan untuk Mahasiswa foto web https://bkd.surabaya.go.id/
September 19, 2023 0 Comments 4 tags

Foto Dari web bkd.surabaya.go.id Kota Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur, adalah salah satu kota terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia. Selain menjadi pusat ekonomi dan pendidikan, Surabaya juga menarik

KSR PMI UNJAYA dan Senyum Anak Nusantara mengadakan Lokakarya: Temukan Potensi Relawan Anda, Kembangkan dan Gunakan

KSR PMI UNJAYA dan Senyum Sanak Nusantara mengadakan Lokakarya Temukan Potensi Relawan Anda, Kembangkan dan Gunakan
June 7, 2023 0 Comments 7 tags

Yogyakarta, 7 Juni 2023 – Korps Sukarala Palang Merah Indonesia Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (KSR PMI UNJAYA) dan SENYUM ANAK NUSANTARA dengan bangga mengumumkan pelaksanaan lokakarya yang bertema “Temukan